Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tak Maju ke Pilkada DKI Juga karena Ditolak Sang Anak

Kompas.com - 29/02/2016, 14:07 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Keputusan Ridwan Kamil untuk tak berkompetisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 tak lepas dari masukan pihak keluarga.

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, mengatakan, pada dasarnya pihak keluarga sangat mendukung apa pun keputusan yang diambil sang suami. Dia mengatakan, kedua anaknya, Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra, sempat tak mendukung ayah mereka untuk terjun ke dunia politik.

"Jadi, dalam perjalanannya, dari pertama kali Kang Emil, anak itu cenderung memilih ayahnya seperti dulu, karena mungkin Kang Emil adalah arsitek yang mencintai dunianya. Mereka merasa sudah terbiasa dengan itu," kata Atalia saat menemani Ridwan Kamil pada jumpa pers di Balai Kota Bandung, Senin (29/2/2016).

Namun, setelah diberi pengertian, kedua anaknya mulai bisa membiasakan diri dengan rutinitas ayahnya sebagai pemimpin daerah.

"Saya itu bersyukur sekali karena Kang Emil itu orang yang mau mendengarkan, termasuk dari anak-anak, saya, ibunda, dan keluarga. Pada akhirnya, mereka sangat mendukung apa yang diputus oleh Kang Emil," ungkapnya.

Sejak isu pencalonan Ridwan Kamil pada Pilkada DKI Jakarta berembus, Atalia kerap menjadi sasaran curhat hingga protes dari warga Bandung yang menolak Ridwan Kamil ke Jakarta.

"Banyak sekali warga yang curhat, tapi saya hanya menyampaikan sepengetahuan saya. Saya tidak bisa mengarahkan karena keputusannya juga hari ini," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, keputusan yang diambil Ridwan Kamil untuk tidak maju pada Pilkada DKI Jakarta juga telah mendapat persetujuan keluarga.

"Khususnya soal ini (Pilkada DKI Jakarta) sebetulnya sudah jadi pembicaraan kita pada bulan-bulan terakhir. Kami saling menguatkan saja sampai semua proses selesai," tutupnya.

Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan bahwa kedua anaknya sangat keberatan jika ayahnya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Saya belum bilang juga, anak saya sudah bilang tidak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com