Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Indonesia Bisa Hebat Tanpa Harus Terpusat di Jakarta

Kompas.com - 29/02/2016, 13:23 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ingin memenuhi janji kampanyenya untuk membuat Kota Bandung lebih baik. Pernyataan itu sekaligus menegaskan bahwa pria yang akrab disapa Emil itu tak akan maju sebagai bakal calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Emil menilai, niat memperbaiki negeri tak mesti dilakukan di Ibu Kota. Menurut dia, para pemimpin yang dinilai baik oleh masyarakat seharusnya tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

"Saya melihat Indonesia ini bisa hebat tanpa harus semua berkumpul di Jakarta. Kalau (pemimpin) yang bagus, yang amanah, bisa tersebar di Indonesia, di Jakarta, di Jawa, Sumatera, seperti Prof Nurdin Abdullah di Bantaeng, Ibu Risma di Surabaya," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (29/2/2016).

Dia berpendapat, salah satu problemnya adalah, segala sesuatu terlalu dipusatkan di Jakarta.

"Jakarta itu pusat pemerintahan dan politik, dia juga pusat ekonomi sehingga mitos orang Indonesia, jika ingin sukses ekonomi, sukses politiknya, pasti harus di Jakarta," ujarnya.

Emil menambahkan, mitos tersebut mesti segera diluruskan agar tidak banyak orang yang berebut kekuasaan di Ibu Kota.

"Itu yang harus kita cermati, kita harus bongkar mitos itu bahwa sukses di Indonesia tidak harus ke Jakarta. Namun, betul, konstelasinya di Jakarta, masih pusat dari segalanya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com