Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri: Kakaknya Kalah Pilkada, Gubernur Sultra Ogah Lantik Bupati

Kompas.com - 23/02/2016, 15:00 WIB
KOMPAS.com — Pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Surunuddin-Arsalim, langsung diambil alih Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Berdasarkan jadwal yang diterima Tribun dari Humas Kemendagri, pelantikan akan berlangsung hari ini, Selasa (23/2/2016) sore.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam tidak mau melantik pasangan ini karena dinilai masih terbelit persoalan administrasi.

(Baca juga: Gubernur Sultra Berharap Mendagri Tunda Pelantikan Bupati Konsel)

Persoalan administrasi tersebut masih berproses di MA menyusul dikabulkannya gugatan sebelumnya oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar.‎

Namun, Tjahjo mengungkapkan hal yang berbeda. Menurut mantan Sekjen PDI-P tersebut, Gubernur tak mau melantik pasangan ini lantaran ada keluarganya yang kalah dalam pemilihan itu.

"Belum dilantik, kakaknya gubernur kalah. Masalahnya sepele. Jadi, Gubenurnya enggak lantik kepala daerah tingkat II. Akhirnya, saya ambil alih," kata Tjahjo ketika menjadi pembicara di acara Kongres Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (23/2/2016) siang.

Namun, saat dikonfirmasi kembali seusai acara, Tjahjo tak mau lebih jauh merincinya. Dia lantas mempersilakan wartawan untuk mengonfirmasinya langsung kepada Nur Alam.

"Coba tanya Gubernurnya kenapa tidak mau lantik itu," kata Tjahjo.

Tjahjo hanya menegaskan bahwa dia tidak akan mengundang Nur Alam dalam pelantikan Surunuddin-Arsalim.

"Tidak mau melantik, ya buat apa diundang," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com