Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur: Besok, Bantuan untuk Korban Gempa Buru Selatan Disalurkan

Kompas.com - 18/01/2016, 14:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Said Assagaff memastikan pemerintah provinsi Maluku akan segera mendata dan mendistribusikan bantuan kepada warga sejumlah desa yang menjadi korban gempa di Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan.

“Besok tim akan kesana (Ambalau) dari Ambon dengan menggunakan kapal Siwalima, kalau wartawan mau ikut kesana silahkan nanti sama-sama dengan Kepala BPBD,” ungkapnya di Kantor Gubernur setelah melantik Sekda Maluku yang baru, Hamin Bin Tahir, Senin (18/1/2016).

Dia mengaku, sejumlah bantuan yang dibutuhkan akan didistribusikan langsung kepada para korban yang ada di Kecamatan tersebut. Menurut dia, pemeritah kabupaten setempat juga telah mendistribusikan bantuan kepada para korban.

“Kemarin juga saya sudah tim juga, dari Pulau Buru Bupati juga kontak saya dan tugaskan tim juga dan sudah kirim orang kesana (Pulau Ambalau) dan semua data sudah ada pada kita,” ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Farida Salampessy mengatakan, saat ini bantuan dari kabupaten setempat sudah sampai di Kecamatan Ambalau. Dia mengakui sulitnya distribusi bantuan karena transportasi ke lokasi bencana sangat sulit.

“Jangkauan kesana atau transportasi kesana juga sangat susah, tapi teman-teman dari BPBD Buru Selatan yang kemarin datang kesana melakukan pendataan juga sudah membawa bantuan seadanya,” katanya.

Dia mengatakan, untuk pendistribusian bantuan dan untuk melihat langsung kondisi para korban, rencananya, besok, pihaknya akan bersama BNPB mengunjungi langsung kecamatan tersebut.

”Rencananya kita akan pergi bersama dengan tim dari BNPB besok,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com