Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDIP Klaim Menangkan 13 Calon Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah

Kompas.com - 10/12/2015, 04:41 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah mengklaim memenangkan setidaknya 13 calon kepala daerah dari 15 calon yang dipasang dalam pilkada di 21 kabupaten/kota di Jateng.

Kemenangan telak PDI-P terjadi di Solo dan Kota Semarang. Kader PDI-P yang jadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai, hasil tersebut tidak terlalu buruk. (Baca: Politisi PDI-P Unggul di Pilgub Sulut versi Hitung Cepat, Maya Rumantir Nomor Buncit)

Ada daerah yang tidak ditarget menang, namun justru meraup kemenangan. “Ada juga yang ditarget menang, malah kalah seperti di Kendal, incumbent kalah, tetapi masih bisa tambah di Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Wonogiri,” kata Ganjar di Semarang, Rabu (9/12/2015) malam.

Kemenangan setidaknya 13 calon PDI-P di kabupaten/kota di Jateng itu, lanjut Ganjar, merupakan hasil evaluasi internal yang digelar di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

“Tadi hanya evaluasi internal saja, mengobrol. Ada Puan Maharani, Bambang Wuryanto juga hadir. Dari target 15 daerah, yang menang 13,5. Yang setengah itu di Demak, karena hanya mendukung saja, tidak mengusung,” tambah dia.

Ganjar juga mengklaim PDI-P mampu merebut kembali basis massa-nya di sejumlah daerah. Meskipun demikian, ada wilayah yang gagal dikuasi PDI-P seperti Kabupaten Sragen dan Rembang.

“Ada beberapa target tidak bisa tercapai meski efort-nya tinggi. Di tempat itu memang terjadi proses cukup dinamis, dan itu di luar jangkauan,” tambah dia.

“Solo raya dibiarkan karena itu basis, partai pendukung dan kandidat. Itu dilepaskan. Kabupaten Sragen ditungguin, karena survei tidak terlalu tinggi, dan itu masih belum berhasil. Rembang juga belum berhasil,” tambah politisi berambut putih ini.

Adapun 21 daerah di Jateng yang  menggelar pilkada pada 9 Desember ini adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Surakarta, Kota Magelang, Kabupaten Semarang, Kendal, Demak, Grobogan, Rembang, Blora, Sukoharjo, Sragen, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com