Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbasis "Quick Count" Internal, Dua Calon Bupati Sumenep Klaim Kemenangan

Kompas.com - 09/12/2015, 21:50 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com - Dua kubu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Jawa Timur, saling beradu data berdasarkan quick count untuk saling klaim kemenangan.

Berdasarka data yang dihimpun Kompas.com kedua tim pemenangan mengeluarkan data yang sama-sama memenangkan pasangan yang diusungnya.

Tim pasangan nomor urut 1, A Busyro Karim-Achmad Fauzi, mengklaim pasangan itu meraup 50,97 suara dan pasangan nomor urut 2 Zainal Abidin-Dewi Khalifah memperoleh 49,03 suara.

"Data yang sudah kami terima lengkap dari 27 kecamatan se-Sumenep dan kami menang," ujar Said Abdullah, tim pemenangan pasangan Busyro-Fauzi, Rabu (9/12/2015).

Sementara itu, kubu pasangan Zainal-Eva juga mengklaim data yang masuk ke pihanya sudah mencapai 100 persen.

Zainal mengungkapkan, berdasarkan data yang diperoleh dari desk Pilkada internal timnya, perolehan suara Busyro-Fauzi adalah 47,3 persen dan pasangan Zainal-Eva 52,7 persen.

"Data itu riil berdasarkan form C-1 di masing-masing TPS," klaim Zainal.

Menyikapi hasil yang berbeda itu, masing-masing calon meminta agar simpatisan dan pendukung tetap menjaga situasi di lapangan.

"Kemenangan yang diraih oleh yang menang adalah kemenangan masyarakat Sumenep," ungkap Said Abdullah.

Sementara Zainal, memasrahkan sepenuhnya kepada penyelenggara Pilkada yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, untuk menentukan penghitungan akhir.

"Data yang ada di masing-masing TPS dan kecamatan sampai ke KPU, biarkan mereka yang mengurusnya dan jangan sampai ada penggelembungan suara karena akan menciderai demokrasi masyarakat Sumenep," ujar mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com