Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang Surabaya Terima Harimau Sumatera

Kompas.com - 27/09/2015, 15:56 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Seekor Harimau Sumatera Jantan berusia 6 tahun sejak, Minggu (27/9/2015) menjadi penghuni baru Kebun Binatang Surabaya (KBS). Wira dikirim dari Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor sebagai hibah dari pemerintah kepada Lembaga Konservasi, KBS. 

Wira dibawa ke Surabaya dengan menggunakan pesawat. Sesampai di KBS, harimau berbobot 100 kilogram itu langsung dimasukkan dalam kandang khusus. Sebelum itu, Direktur TSI Jansen Manansang menyerahkan Wira secara simbolis kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. 

Jansen mengatakan, Wira adalah keturunan asli Harimau Sumatera. 

"Induknya asli dari hutan bernama Cicik, sementara bapaknya dari TSI," katanya.

Dia berharap, KBS dapat menjaga Wira dengan baik. Pasalnya, populasi Harimau Sumatera saat ini terus berkurang hingga 400 ekor. 

Sementara itu, Risma mengatakan, Surabaya sangat menantikan kedatangan Wira. Saat ini, KBS hanya memiliki sembilan ekor harimau. Itu pun, kata Risma, masih satu keluarga. 

"Mendatangkan Wira tidak mudah, kami harus penuhi syarat administrasi yang disyaratkan BKSDA dan Kementerian Kehutanan," terang Risma. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com