Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermodal Rp 1 Triliun, di Gedebage Dibangun Pasar Modern dan Apartemen Rakyat

Kompas.com - 21/07/2015, 11:03 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, dalam jangka panjang Pasar Induk Gedebage akan dikembangkan. Nantinya lahan 14 hektare itu akan dibangun pasar modern dan apartemen rakyat.

"Di bawahnya ada pasar, di atasnya apartemen rakyat. Mudah-mudahan semester depan di tahun 2016 sudah bisa dimulai. Diharapkan Gubernur dan Menteri bisa ikut groundbreaking dengan pihak ketiga," tutur Emil, demikian Ridwan Kamil biasa disapa, Selasa (21/7/2015).

Emil menjelaskan, daya tampung pasar modern tersebut mencapai 3-4 kali lipat dari jumlah pedagang sekarang. Sebab, jika melihat kondisi Kota Bandung, volume perdagangan di Gedebage saat ini tidak cukup.

"Nantinya yang tinggal di rumah susun rakyat adalah pedagang dan tambahan populasi orang Bandung baru, seperti apartemen yang ada di seberang pasar sekarang," ucap dia.

Selain itu, pasar modern akan dilengkapi danau ekecil. Tujuannya untuk mengantisipasi banjir. Jadi jika air sungai di sebelah pasar meluapp, air tersebut akan masuk ke danau buatan. "Dana yang dibutuhkan mungkin sekitar Rp1 triliun," ucap Emil.

Dalam beberapa bulan ini, hingga Desember 2014, Pemkot Bandung akan melakukan sosialisasi ke pedagang, gambar detail. "Pokoknya tidak boleh ada yang tidak terwadahi," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com