Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor Dunia, Siswa Berkebutuhan Khusus Pun Main Angklung

Kompas.com - 23/04/2015, 11:25 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Tati berjalan mengelilingi Stadion Siliwangi. Tangan kanan perempuan berkerudung putih ini memapah anaknya, Abdullah Sidiq Afifi (15), sedangkan tangan kirinya membawa kantong plastik berwarna putih berisi angklung.

"Saya tidak tahu anak saya bisa enggak main angklung, nanti akan dicoba saja," ujar Tati sambil terus melangkahkan kakinya di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (23/4/2015).

Tati adalah ibu sekaligus pendamping siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti acara Harmony Angklung for The World. Rencananya, para siswa berkebutuhan khusus ini bersama 20.000 siswa dan masyarakat di Indonesia akan berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia Guinness Book untuk angklung terbanyak.

Langkah Tati dan anaknya tak juga berhenti meskipun peserta lainnya duduk manis di tengah teriknya matahari. "Kalau duduk, anak saya enggak bisa diam," ucap Tati sambil tersenyum.

Sambil terus berjalan, Tati bercerita, dua anaknya menyandang disabilitas sejak lahir. Memang perlu kerja keras untuk mengurusnya, tetapi ia ikhlas. Sama dengan orangtua lainnya, ia bahagia meski kedua anaknya berkebutuhan khusus.

Begitu pun saat ia mendapat kabar anaknya diikutsertakan dalam kegiatan ini. Walau tak yakin anaknya mampu memainkan angklung, ia yakin anaknya akan menikmati semua permainan ini. "Kalau dengar musik atau irama tertentu, dia sangat senang. Dia menikmatinya. Sekarang pun ia kayaknya bakal senang," ucap Tati.

Kedua anaknya, kata Tati, merupakan perwakilan dari SLB Pancaran Iman di Kelurahan Cisaranten Wetan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung.

Ada sekitar 17 siswa yang dilibatkan dalam acara ini, mulai dari siswa tunarungu, autis, dan lainnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com, peserta Angklung for The World lebih dari 20.000 orang dan 4.000 orang di antaranya siswa berkebutuhan khusus.

Saat ini, acara itu baru dimulai. Perwakilan dari Saung Angklung Udjo (SAU) tengah mengajarkan bagaimana cara memainkan angklung dalam sebuah lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com