Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jatim Pamer Kemampuan Tangkap Pebalap Liar di Jalanan

Kompas.com - 07/02/2015, 16:30 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Aksi balap liar terjadi di kawasan Jalan Prapen, Surabaya, Sabtu (7/2/2015). Dua mobil sedan beradu kecepatan di jalan tersebut disaksikan gerombolan muda-mudi yang menyemangati dengan teriakan riuh dan dentuman musik cadas.

Beberapa menit saat dua mobil sedan itu dilepas di jalanan, sejumlah polisi dengan kendaraan patroli roda dua dan roda empat mengejar dua pebalap yang dianggap meresahkan masyarakat itu. Dengan keahlian dan ketangkasan yang dimiliki polisi, kedua pebalap liar itu bisa ditangkap, meski satu di antaranya melarikan diri hingga ke jalan tol.

Aksi penangkapan pebalap liar itu adalah salah satu dari pertunjukan petugas Ditlantas Polda Jatim dalam melakukan patroli di jalanan dalam rangkaian acara peluncuran program "Jatim Peka" atau Jatim peduli keselamatan lalu lintas di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya.

Kapolda Jatim Irjen Anas Yusuf mengakui, penertiban aksi balap liar memang menjadi salah satu fokus pihaknya dalam mewujudkan keselamatan lalu lintas di jalan.

"Aksi balap liar ini kerap dilaporkan oleh masyarakat kepada kami. Artinya, aksi mereka sangat mengganggu ketertiban dan keamanan di jalan," katanya.

Dalam peluncuran "Jatim Peka", ada 11 program yang dijalankan untuk mewujudkan ketertiban lalu lintas di Jatim, yakni Program Tertib Jalan Tol, Srategi Penindakan Bus dan Truk, Program Safety Riding Jelajah Jawa Timur, Polantasku Sahabatku, Tertib Trafic Light, Program Lomba PKS dan Dutalantas, MMS Peka, Superlantas (Surabaya Pelopor Keselamatan Lalulintas), Budal Awal Mudik Awal, Lomba Angkutan Peka,  dan ESQ Road Safety.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com