Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Warga Bandung Tersenyum Hiasi Tiang "Flyover" Pasupati

Kompas.com - 24/09/2014, 13:22 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Jangan bingung bila melihat tiang pancang jalan layang Pasupati, Kota Bandung, dihiasi dengan foto-foto wajah orang tersenyum lepas. Lukisan cahaya wajah tersenyum itu ternyata adalah sebuah kampanye yang digalakkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk menunjukkan jati diri warga Kota Bandung yang ramah, santun, dan bersahabat.

"Itu kampanye kita. Mulai dari sekarang, kita kampanyekan 'Friendly Bandung'. Kita harus tunjukkan orang Bandung itu ramah tamah, santun, dan someah," ujar pria yang akrab disapa Emil ini saat ditemui di Balaikota Bandung, Rabu (24/9/2014).

Emil menambahkan, kampanye tersebut diambil dan diolah bekerja sama dengan sejumlah wartawan foto dari beberapa media massa, baik lokal maupun nasional di Bandung.

"Jadi, mereka (wartawan foto) memotret orang-orang Bandung yang hati dan wajahnya sedang tersenyum. Jadi, enggak pakai model profesional," ucapnya.

Muhammad Fadlillah, salah satu wartawan foto yang ikut andil dalam kampanye Friendly Bandung, menambahkan, 70 foto warga Bandung tersenyum yang mejeng di tiang pancang di bawah jalan layang Pasupati itu merupakan bagian dari peringatan HUT ke-204 Kota Bandung yang jatuh pada tanggal 25 September 2014 besok.

"Foto-foto ini sekaligus untuk menghiasi kolong Pasupati dan menghindari aksi vandalisme yang enggak puguh (tidak jelas)," ujar pria yang akrab disapa Tile ini.

Modelnya, dia melanjutkan, dipilih oleh warga Kota Bandung secara acak dari berbagai profesi dan segala usia.

"Ada dari mulai TNI, polisi, satpol PP, hansip, hakim, penjaga peron kereta api, tukang sate, pelajar, hingga perawat," tuturnya.

Melalui foto-foto tersebut, wisatawan yang mengunjungi Kota Bandung, baik dari dalam maupun luar negeri, bisa terhibur.

"Harapannya, semoga foto-foto tersebut dapat menunjukkan identitas warga Kota Bandung yang someah, sekaligus menjadi hiburan bagi pengendara yang melintas," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com