Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Ritual "Belangikhan" Sambut Ramadhan di Lampung

Kompas.com - 26/06/2014, 16:21 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com
 — Menjelang bulan suci Ramadhan, Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ritual mandi di sungai bersama masyarakat. Tradisi itu biasa disebut "belangikhan".

Ritual tersebut digelar di Sungai Batuputu, Kali Akar, Bandarlampung, pada Kamis (26/6/2014). Peneliti Budaya Lampung Hasyimkhan menjelaskan, belangikhan adalah sebuah tradisi membersihkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

"Bukan cuma membersihkan badaniah semata, tetapi lebih beroerientasi membersihkan hati, menjauhkan diri dari rasa iri, dengki, dan dendam antar-sesama," kata dia.

Ritual mandi air ini terlebih dahulu diawali dengan pembacaan doa-doa keselamatan. Setelah itu, sejumlah muli (bujang) dan makhanai (gadis) masuk ke sungai, diikuti warga untuk mandi menyucikan diri.

Seusai ritual belangikhan, ribuan warga menunggu berkah berupa ikan-ikan yang ditebar di sungai oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai tuan rumah pelaksana ritual tersebut.

Selain ikan, pemerintah juga menyediakan paket sembako dan pakaian yang dipajang di sejumlah pohon pinang. Untuk mendapatkan paket sembako itu, warga harus berusaha memanjat pinang.

Warga tampak antusias mengikuti ritual tersebut. Hal itu dibuktikan dari banyaknya warga yang mengikuti ritual ini dari awal hingga akhir pelaksanaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com