Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Tahanan Kabur Saat Semua Sipir Shalat Jumat

Kompas.com - 29/11/2013, 19:27 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com -
Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung yang pernah coba dibobol belasan tahanan dan narapidana saat Ramadan lalu, kebobolan lagi, Jumat (29/11/2013) sekitar pukul 12.30.

Seorang tahanan kasus pencurian bernama Endro Wibowo (28) asal Desa Blimbing, Kecamatan Rejotangan, kabur dari selnya di Blok A 8. Tersangka pencuri kayu jati yang ditahan sejak 7 November dan belum pernah disidang itu tergolong lihai.

Dia kemungkinan merambat dinding sel, kemudian menjebol plafon dan membuka 4 genting serta mematahkan kayu reng. Jejaknya terlihat menuju brangang di sebelah timur sisi utara yang masih terkepung tembok tinggi di lingkungan Lapas.

Kelihaian Endro juga terlihat dari jejaknya yang tak langsung memanjat tembok di lokasi itu, melainkan bergeser ke selatan karena terdapat arde penangkal meter dekat pos jaga.
Berkat sarana itu, dia kemungkinan relatif mudah memanjat tembok tinggi, kemudian turun memakai rangkaian baju dan celana panjang yang biasa dipakai berolahraga. Busana itu masih terdapat di tempatnya yang berarti Endro kabur memakai baju seadanya.

Bagaimana mungkin Endro bisa lolos dari titik dekat pos jaga?

Menurut Plh Kepala Lapas Tulungagung yang masih menjabat Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, Manap, kejadian ini baru diketahui anak buahnya setelah semua sipir dan tahanan/narapidana melaksanakan shalat Jumat.

"Saat apel siang, tahanan tersebut tidak ada, padahal setelah jumatan, seluruh tahanan dimasukkan ke kamar tahanan dan terkunci," kata Manap.

Menurut dia, anak buahnya lantas memeriksa semua sel dalam beberapa blok dan ternyata hanya di Blok A 2 yang jumlah penghuninya berkurang satu orang. "Teman satu selnya juga tidak tahu sehingga kami memeriksa kondisi sel," katanya.

Penelusuran para sipir akhirnya menemukan jalur pelarian Endro yang jeli melihat peluang saat kebanyakan tahanan dan sipir sedang shalat Jumat.

Guna memburu Endro, pihak Lapas pun berkoordinasi dengan Polres Tulungagung. Kini, polisi sudah mengantongi identitas lengkap Endro berikut ciri-ciri fisiknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com