Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Selalu Simpan Linggis di Mobilnya, untuk Apa?

Kompas.com - 20/03/2014, 18:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikenal sebagai wali kota yang tidak bisa diam. Dia selalu proaktif terjun ke tengah warga, membantu bekerja, dan memberi sesuatu kepada warga yang menurutnya sangat membutuhkan.

Karena itu, di dalam mobilnya selalu tersedia sejumlah peralatan yang sewaktu-waktu pasti dibutuhkan, seperti sepatu bot, jas mantel, sandal jepit, linggis, hingga sekarung beras.

"Semua lengkap, tinggal menggunakan saja sewaktu-waktu," kata wali kota perempuan pertama di Surabaya itu, belum lama ini.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser membenarkan, atasannya itu memang sengaja menyiapkan peralatan lengkap di kendaraan pribadinya.

"Beliau bisa sewaktu-waktu turun ke lapangan untuk membersihkan saluran air, jalan, atau bahkan mengatur lalu lintas saat hujan," ujarnya, saat dikonfirmasi pada Kamis (20/3/2014) sore.

Fikser mengatakan, Risma saat hujan deras selalu berkeliling ke sejumlah rumah pompa untuk memastikan bahwa rumah pompa berfungsi maksimal.

Dia juga memeriksa saluran air. Jika terjebak macet, maka ia langsung turun dari mobil untuk membantu polisi mengurai kemacetan.

Kata Fikser, sejak keluar rumah, wali kotanya itu tidak langsung menuju kantor, tetapi berkeliling dulu ke sejumlah tempat, khususnya tempat yang dikeluhkan warga.

Di situ, Risma kerap turun langsung mendengar keluhan, dan langsung bertindak. "Aksi itu juga dilakukan Ibu Wali Kota di luar jam kerja, saat malam, dan tiada orang yang tahu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com