Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Hektar Lahan Sawit di Aceh Barat Terbakar

Kompas.com - 11/03/2014, 17:34 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


ACEH BARAT, KOMPAS.com -
Ratusan hektar lahan sawit milik warga kembali terbakar di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Api yang menghanguskan tanaman sawit milik warga itu diduga berasal dari pembakaran hutan gambut oleh warga yang membuka lahan baru.

Kebakaran yang sudah terjadi sejak dua hari itu semakin meluas karena kawasan itu sedang dilanda kemarau sejak dua bulan terakhir ini.

"Ini baru kamarin terbakar, kalau yang ditengah hutan itu memang sudah lama terbakar karena ada yang buka lahan baru. Api sangat mudah menyebar ke lahan sawit ini karena musim lagi kemarau," kata Bukhari (55), warga Kecamatan Arongan Lambalek, Selasa (11/03/2014).

Kebakaran di lahan sawit yang berada di pinggir Jalan Lintas Banda Aceh-Meulaboh, perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat, itu juga mengganggu para pengguna jalan. Pasalnya, asap dari kebakaran lahan itu membuat jarak pandang menjadi terbatas.

"Apalagi malam hari, asap semakin tebal menutupi badan jalan," kata Bukhari.

Meski api sudah menghanguskan ratusan hektar tanaman sawit warga, hingga kini belum ada penanganan dari pemerintah setempat untuk melakukan pemadaman.

"Api semakin meluas, kami sudah berusaha memadamkan, tapi sulit sekali padam karena lahan sedang kering akibat kemarau," tandasnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com