Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUD Blambangan Siapkan Kamar untuk Caleg Depresi

Kompas.com - 17/02/2014, 09:52 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menjelang Pemilu 2014, Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan Kabupaten Banyuwangi membuka Poli Perawatan Penyakit Gangguan Jiwa. Poli yang akan beroperasi Maret 2014 mendatang ini memiliki tujuh kamar rawat inap.

Menurut Taufik Hidayat, Direktur RSUD Blambangan, Senin (17/02/2014), poli perawatan penyakit gangguan jiwa tersebut bisa menampung calon legislatif dan juga calon bupati yang mengalami gangguan jiwa atau depresi karena gagal terpilih.

Hal ini mengingat tahun 2014 merupakan tahun politik di Indonesia. Selanjutnya, poli tersebut akan didukung dokter sepesialis jiwa, psikiater dan fasilitas pendukung lainnya.

"Selain momen jelang Pemilu yang akan memunculkan banyak orang yang depresi, poli ini dibuka karena RSUD Blambangan sering menerima pasien gangguan jiwa. Selama ini pasien dalam kategori gangguan jiwa berat, biasanya akan dikirim ke rumah sakit jiwa di Malang. Padahal di Malang kapasitasnya juga terbatas," kata dia.

Taufik berharap dengan adanya poli rawat inap penyakit gangguan jiwa di RSUD Blambangan membuat pasien yang berasal dari Banyuwangi lebih dekat dengan keluarganya, sehingga mempermudah pasien menjalani perawatan.

Selain itu, menurut Taufik, pihak RS juga membuka ruangan khusus bagi anak penderita kanker yang ditempatkan di ruang rawat inap anak.

"Ruangan ini akan bisa dimanfaatkan anak-anak penderita kanker karena selama ini, anak penderita kanker harus menjalani perawatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Nah sekarang bisa di Banyuwangi, hanya saja untuk diagnosa lengkap penyakit kanker masih harus dilakukan di Surabaya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com