Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSU Kota Banjar Siapkan Kamar untuk Caleg Stres

Kompas.com - 06/02/2014, 08:50 WIB

BANJAR, KOMPAS.com — Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Banjar, Jawa Barat, mempersiapkan ruang rawat inap Ruang Tanjung dengan enam buah tempat tidur menjelang pemilihan umum, April nanti.

Ruang khusus itu mereka siapkan sebagai antisipasi maraknya calon anggota legislatif yang jatuh stres atau depresi. Selain menyiapkan ruang khusus, mereka juga menyiapkan 12 paramedis untuk keperluan ini.

"Sudah bukan rahasia lagi, setiap usai pemilu banyak caleg yang stres atau depresi. Banyak hal yang menyebabkan caleg stres," ujar Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSU Kota Banjar, drs H Rahwan, Rabu (5/2/2014).

Seusai Pemilu 2009 lalu, kata Rahwan, ada caleg yang bunuh diri. "Penyebabnya kami tidak tahu, tapi ketika dikirim ke rumah sakit, yang bersangkutan sudah jadi mayat karena bunuh diri. Yang bersangkutan belum sempat dirawat atau berobat ke rumah sakit," katanya.

Biasanya, kata Rahwan, caleg menjadi stres karena tidak meraih kursi, sementara uang sudah banyak keluar.

"Lebih parah lagi, tiba-tiba banyak yang nagih utang. Maklum untuk membiayai kampanye, ada juga caleg yang terpaksa pinjam uang sana-sini atau jual sawah serta harta orangtua," ujar Rahwan.

Menurut Rahwan, setiap pemilu, hampir dipastikan akan menyisakan caleg yang stres lantaran jumlah kursi yang tersedia di parlemen tidaklah sebanyak caleg dari semua partai.

"Hampir semua partai mengikutsertakan caleg dengan jumlah yang maksimal, tetapi kursi yang tersedia di parlemen terbatas. Makanya, jumlah caleg yang tidak lolos ke parlemen pasti lebih banyak daripada yang berhasil meraih kursi parlemen," katanya.

Caleg yang berhasil meraih kursi, kata Rahwan, juga mungkin stres, misalnya karena tiba-tiba ditagih utang. "Kami juga menugaskan dua psikiater, yakni dr Hilman SpKj dan dr Diah SpKj." (Tribun Jabar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com