Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seusai Meletus, Kelud Hanya Keluarkan Abu Vulkanis

Kompas.com - 15/02/2014, 21:08 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Tiga hari setelah meletus, gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih terus beraktivitas. Namun kali ini tanpa letusan. Kelud hanya mengeluarkan asap abu vulkanis.
 
"Sejak dua hari ini tidak ada letusan," kata Gede Swantika, Pelaksana Tugas Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi kepada Kompas.com, Sabtu (15/2/2014).
 
Gede menambahkan, gunung Kelud hanya mengeluarkan asap vulkanis. Asap itupun, kata dia, hanya terjadi secara singkat dalam bentuk semburan-semburan kecil saja.
 
"Yang paling tinggi semburannya hanya tadi pagi, sekitar 3.000 meter," jelas vulkanolog yang masih bertugas di Pos Pantau Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri ini.
 
Gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 Mdpl itu meletus pada Kamis (13/2/2014), malam. Letusan itu dianggap lebih besar daripada erupsi tahun 1990. Letusan ini juga mengembalikan Kelud sebagai kategori gunung api erupsi eksplosif setelah sebelumnya erupsi efusif pada tahun 2007 lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com