Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG: Abu Vulkanik Kelud Bisa Sampai Jakarta

Kompas.com - 14/02/2014, 14:50 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com —
 Abu vulkanik erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur, telah sampai ke Kota Bandung yang berjarak lebih dari 500 km dari gunung tersebut, Jumat (14/2/2014). 

Menyebarnya abu vulkanik Gunung Kelud sampai ke Bandung dibenarkan oleh Pejabat Pelaksana Bidang Penyelidikan dan Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Gede Suandika. "Ya, ini dari Kelud," kata Gede saat dihubungi Kompas.com melalui ponselnya, Jumat siang. 

Gede menambahkan, material vulkanik yang dikeluarkan oleh letusan Gunung Kelud, Kamis malam tadi, berupa butiran abu ringan hingga kerikil memang bisa menyebar hingga ke tempat-tempat yang jauh. "Butiran abu ringan paling jauh bisa sampai Jakarta," ucapnya. 

Sementara itu, dari pantauan Kompas.com di Kota Bandung, abu vulkanik Gunung Kelud mereda tidak lama sekira pukul 13. 00 WIB. Meski tidak terlalu tebal seperti daerah yang dekat dengan Gunung Kelud, abu tersebut cukup untuk membuat mata pedih dan pernapasan terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com