Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Dampak Badai Australia Ancam Maluku

Kompas.com - 29/01/2014, 16:20 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy mengimbau warga di Maluku untuk mewaspadai dampak badai tropis dari Australia yang diperkirakan akan berimbas ke sejumlah wilayah di Maluku dalam waktu dekat ini.

“Dalam sehari dua ini diperkirakan imbas badai tropis dari Australia, akan sampai ke sejumlah wilayah di Maluku,” kata George kepada wartawan, Rabu (29/1/2014).

Dia menjelaskan, badai tropis yang terjadi di Australia akan berimbas hingga ke Maluku dengan pusat tekanan udara 993 milibar. Adapun kecepatan angin dari imbas badai tropis tersebut akan bertiup dengan kecepatan di atas 30 kilometer per jam.

“Kalau di pusat tekanan udara, angin akan bertiup dengan kecepatan 50 kilometer per jam. Tapi imbas badai yang menuju Maluku diperkirakan lebih dari 30 kilometer per jam," ungkapnya.

Dia mengakui, imbas badai tropis ini berpotensi mengakibatkan kerusakan pada pemukiman warga, khususnya yang berada di kawasan Maluku Tengara Barat (MBD) dan wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

“Kecepatan angin seperti ini bisa saja menyebabkan kerusakan pada pemukiman warga. Olehnya itu kami berharap warga dapat lebih waspada,” pintanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com