Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Ini Serahkan Jabatan kepada Istrinya

Kompas.com - 28/01/2014, 10:59 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Wali Kota Probolinggo dua periode, HM Buchori, resmi menyerahkan jabatannya kepada istrinya, Rukmini.

Rukmini resmi dilantik sebagai Wali Kota periode 2014-2019 oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Islamic Center, Selasa (28/1/2014).

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah yang dihadiri ribuan undangan itu berlangsung khidmat. Acara pelantikan dijaga ketat dan undangan yang masuk harus melewati metal detector.

Usai melantik dan mengambil sumpah pasangan Rukmini-HM Suhadak, Gubernur meminta kepada wali kota-wakil wali kota yang baru agar merealisasikan janjinya saat kampanye, seperti peningkatan mutu pelayanan dan penguatan ekonomi.

"Dalam merealisasikan kampanye tidak boleh menyimpang dari UUD 1945. Memimpin daerah harus bersikap arif dan dalam mengambil keputusan harus bijak," ujarnya.

Soekarwo juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Buchori yang memimpin Kota Probolinggo sepuluh tahun. Menurutnya, banyak kemajuan yang sudah dicapai hasil pengabdian Buchori.

Rukmini-Suhadak dilantik menggantikan HM Buchori dan Wakil Wali Kota Bandyk Soetrisno, setelah memenangkan Pilkada tahun lalu.

Buchori yang tak lain adalah suami Rukmini, tak bisa maju lagi karena sudah menjabat dua periode. Adapun Bandyk Soetrisno tidak mencalonkan diri dalam pilkada. Bila Rukmini adalah istri HM Buchori, Wakil Wali Kota Suhadak merupakan adik dari Ketua DPRD Sulaiman, yang memimpin rapat paripurna istimewa pelantikan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com