Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapung Tujuh Jam di Laut, 10 ABK KM Niaga I Selamat

Kompas.com - 25/01/2014, 11:57 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sepuluh Anak Buah Kapal (ABK) dan nahkoda KM Niaga I ditemukan selamat saat kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Kilmuri, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), setelah diterjang cuaca buruk dan gelombang tinggi, Jumat (24/1/2014) kemarin. Seluruh ABK kapal ini ditemukan selamat oleh tm SAR setempat setelah lebih dari 7 jam terapung di perairan tersebut.

“Kapal itu tenggelam sekira pukul 14.00 WIT. Dan seluruh ABK kapal selamat. Dalam peristiwa itu, mereka baru ditemukan oleh tim SAR pada pukul 21.30 WIT tadi malam,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah Maluku, Kifli Wakano kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2014).

Setelah ditemukan, seluruh ABK kapal nahas tersebut langsung dievakuasi oleh tim SAR ke kantor Sahabandar Kecamatan Geser. Menurut Kifli, meski seluruh ABK kapal tersebut selamat, mereka ditemukan dalam kondisi lemas.

”Saat ini mereka masih berada di Kantor Sahabandar Kecamatan Geser. kondisi mereka lemas,” ujarnya.

Kepala Administrator Pelabuhan Ambon, Ali Ibrahim, juga membenarkan jika seluruh ABK kapal dan nahkoda selamat. ”Seluruhnya ditemukan dalam keadaan selamat. Dan saat ini mereka telah dievakuasi oleh tim SAR,” ujarnya.

Kapal nahas tersebut berlayar dari pelabuhan Ambon dengan tujuan Teor pada Selasa (21/1/2014). Namun, saat memasuki perairn Kilmuri, kapal tersebut langsung diterpa cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan itu, hingga tenggelam. Saat tenggelam kapal tersebut memuat material pembangunan jembatan yakni berupa, pasir, kerikil, kayu besi dan semen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com