Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kades Baru Diarak Pakai Puluhan Sepeda Onthel

Kompas.com - 08/01/2014, 13:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Cara unik dilakukan komunitas sepeda kuno (onthel) Dusun Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, untuk mengantarkan kepala desa terpilih mengikuti pelantikan, Rabu (8/1/2014).

Mereka bersama-sama menaiki sekira 29 buah sepeda onthel untuk mengiringi kades terpilih, Kusen. Kusen juga menaiki onthel menuju lokasi pelantikan di Gor Gemilang kompleks Pemerintah Kabupaten Magelang.

Seluruh anggota komunitas yang menamakan diri Anggle ("angel goleke"=susah mencari) itu mengenakan pakaian tradisional Jawa, ada pula yang memakai pakaian ala tentara Belanda, mulai dari topi, sepatu, dan atribut lainnya.

"Ini bentuk solidaritas dan dukungan kami atas terpilihnya Bapak Kusen menjadi kepala Desa Giyanti," ujar Ivan, Ketua Komunitas Anggle di sela kegiatan. 

"Sepeda adalah simbol kesederhanaan. Oleh karena itu, kami harapkan kades ke depan lebih bersahaja. Kades juga kami minta lebih memperhatikan seni budaya, turut melestarikan benda-benda cagar budaya karena saat ini terus menghilang tergerus zaman," tutur Ivan.

Selain diantar, Kades Kusen selanjutnya juga diarak diiringi puluhan onthel itu menuju ke tempat tinggalnya di Desa Giyanti yang berjarak sekitar 30 kilometer dari lokasi pelantikan.

Komunitas Anggle berdiri sejak tahun 2007 lalu. Komunitas ini merupakan wadah bagi pencinta sepeda kuno dan motor antik di Desa Giyanti. Komunitas yang sudah menjadi anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) itu sering mengadakan kegiatan tentang seni budaya dan touring ke sejumlah daerah.

Seperti diberitakan, Bupati Magelang hari ini melantik sebanyak 279 Kades yang terpilih saat pemilihan kepala desa, Minggu 29 Desember 2013 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com