Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Flu Burung, Semua Itik di Brebes Disuntik Vaksin

Kompas.com - 11/12/2013, 12:52 WIB
Kontributor KompasTV, Ari Himawan Sarono

Penulis


BREBES, KOMPAS.com - Mengantisipasi serangan virus flu burung yang menyerang itik, Dinas Peternakan Brebes, Jawa Tengah, melakukan vaksinasi, Rabu (11/12/2013). Sejumlah petugas mendatangi satu persatu kandang milik peternak itik di Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba.
 
Mereka menyuntikkan vaksin ke semua itik peternak yang sebelumnya tidak mati akibat flu burung. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veteriner Dinas Peternakan Brebes Jhoni Murahman, mengatakan vaksinasi merupakan salah satu pencegahan menangkal virus H5N1 atau flu burung.
 
"Ada banyak cara antisipasi flu burung, salah satunya vaksinasi. Sebelumnya juga kita sudah memberikan cairan desinfektan ke peternak," kata Jhoni.
 
Jhoni melanjutkan, vaksinasi kepada itik akan dilakukan ke semua itik peternak di seluruh Brebes. Vaksin sendiri didapat dari bantuan pemerintah yang datang satu minggu yang lalu.
 
"Kalau vaksinasi memang dilakukan tidak pada saat ada virus flu burung, kita menunggu serangan virus hilang," tambah Jhoni
 
Sementara salah seorang peternak Mukhrodi (45) mengungkapkan, dia merasa lega karena sudah ada tindakan terhadap itik-itiknya untuk mencegah serangan virus flu burung. Sebelumnya di khawatir karena meskipun kandang itiknya sudah diberi cairan desinfektan, tetap saja ada itiknya yang mati.
 
"Semoga tidak ada lagi itik yang mati akibat flu burung, berharap ternak saya tambah kebal setelah divaksin," ungkap Mukhrodi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com