Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggas Mati Mendadak, Kandang Ternak Disemprot

Kompas.com - 26/11/2013, 21:15 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


KLATEN, KOMPAS.com
- Setelah ratusan itik milik warga mati mendadak di wilayah Kragilan, Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah, petugas dari Dinas Peternakan Klaten melakukan penyemprotan di sejumlah kandang pada hari Selasa (26/11/2013).

Dugaan unggas mati karena terserang virus Avian Influenza (flu burung) menguat setelah petugas melihat adanya tanda-tanda penyakit itu di ternak tersebut. Mata unggas berair dan rabun.

Petugas dari Dinas Peternakan dengan menggunakan pakaian khusus tidak hanya menyemprot di area kandang, namun juga ke kebun sekitar kandang. Selain itu, bagian dalam rumah milik peternak juga tak luput dari semprotan petugas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi virus yang mudah berkembang di tempat lembab.

“Ada laporan dalam sepekan sudah ratusan unggas mati mendadak. Kita imbau warga untuk segera mengubur di dalam tanah atau membakar unggas yang mati mendadak dan segera melapor," imbau Awik Purwanti, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Klaten, Selasa (26/11/2013).

Sementara itu, salah satu dokter hewan dari Dinas Peternakan Klaten sempat dibawa ke RSUD Moewardi, Solo setelah karena terindikasi suspect flu burung. Namun setelah beberapa hari dirawat, pada Selasa (26/11/2013) ini, dokter berinisial D diyatakan negatif flu burung.

“Pagi ini sudah keluar hasilnya dan pasien dr D negatif flu burung," kata Elisa, pejabat Humas RSUD Moewardi, Solo saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com