Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Waspadai Calo CPNS

Kompas.com - 25/10/2013, 12:18 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, mengimbau peserta ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk waspada terhadap praktik penipuan yang dilakukan calo CPNS.

Biasanya mereka mengiming-imungkan kelulusan CPNS, dengan imbalan bayaran yang bisa mencapai puluhan, hingga raturan juta rupiah.

Peringatan ini dikeluarkan Dinas Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Parepare, menyusul akan digelarnya tes CPNS pada 3 November mendatang. Sekretaris BKDD Pinrang, M Aswin, Jumat pagi (25/10/2013) mengatakan, seluruh peserta CPNS yang akan mengikuti tes tertulis pekan depan.

"Kami sarankan agar peserta CPNS mengikuti alur dan berusaha sesuai kemampuan masing masing. Jangan mendengar oknum yang mengaku bisa membantu kelulusan dengan imbalan uang, karena kelulusan para peserta CPNS ditentukan oleh kemampuan para peserta sendiri," paparnya.

Sudah menjadi pemandangan umum, setiap jelang pelaksanaan CPNS, setiap itu pula bergentayangan oknum calo yang biasanya menggunakan modus mendompleng nama pejabat tertentu untuk meyakinkan calon korbannya.

Aswim menambahkan, jika warga atau peserta CPNS menemukan adanya calo, pihaknya menganjurkan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang. "Karena ulah oknum yang menjanjikan kelulusan, jelas penipuan. Persaingan dalam pengrekrutan CPNS tahun ini memang berat, terlebih tapi yang lulus nantinya tentu karena memiliki kelebihan dibanding lainnya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com