Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Beralaskan Lantai, Puluhan Siswa Kesurupan

Kompas.com - 02/10/2013, 18:11 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAMUJU UTARA, KOMPAS.com
 — Puluhan siswa SMA Negeri 1 Pasangkayu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, kesurupan massal, Rabu (2/10/2013). Diduga, mereka kesurupan akibat kelelahan belajar dengan melantai hingga berjam-jam. Kesurupan massal sudah terjadi sejak Sabtu lalu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, guru dan siswa lainnya kewalahan menangani siswa kesurupan. Akhirnya, pihak sekolah mendatangkan orang pintar.

Pihak sekolah tak mengetahui penyebab siswa kesurupan. Namun, sejumlah siswa berpendapat, banyak rekannya yang kesurupan karena mereka kelelahan belajar sambil melantai. Tidak tersedianya bangku dan meja membuat siswa di sekolah ini terpaksa belajar di lantai.

"Selain tidak nyaman dan membuat tulang terasa remuk, belajar melantai tanpa alas seperti ini juga tak sehat," kata salah seorang siswa.

Menurutnya, suara teriakan histeris sambil memberontak di halaman sekolah membuat siswa di kelas lain tak bisa berkonsentrasi belajar.

Sementara itu, sejumlah siswa yang kesurupan terpaksa dipulangkan lebih awal ke rumah masing-masing karena khawatir menimbulkan masalah lebih jauh. Mereka diantar pakai mobil pikap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com