Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Titik Jalan Diperbaiki, Arus Lalin di Pantura Kendal Padat

Kompas.com - 31/08/2013, 14:14 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak empat titik jalan di jalur pantai utara Kendal, Jawa Tengah, tengah diperbaiki. Empat titik itu adalah di kawasan Weleri, Cepiring, Soekarno Hatta (depan stasiun lama) dan Kendal.

Menurut Kasatlantas Polres Kendal, AKP. Imam Zamroni, perbaikan jalan di Weleri akan berakhir sekitar 2 minggu mendatang, sementara di Cepiring akan berakhir akhir September 2013. Perbaikan di kawasan Soekarno Hatta (depan stasiun lama) akan segera selesai 3 minggu lagi dan di Kendal akan berakhir sekitar 1 bulan lagi.

Karena perbaikan di empat titik itu, terjadi kepadatan hingga mendekati kemacetan di ruas jalan yang diperbaiki. Namun, untuk mengantisipasi kemacetan, Imam mengatakan telah menugaskan beberapa anggotanya untuk menjaga di daerah-daerah rawan macet tersebut.

“Kami juga mengalihkan arus lalu lintas yang dari arah Jakarta ke Semarang, supaya melewati jalan tembus Tentara Pelajar. Di samping itu, kalau memang kepadatan sudah tidak bisa diatasi, akan menjadikan jalan yang dari arah Semarang ke Jakarta menjadi dua jalur. Mulai dari pertigaan Purin hingga depan Kodim,” kata Imam, Sabtu (31/8/2013).

Imam menjelaskan, selain pembangunan jalan di 4 titik yang ada di jalur pantura Kendal tersebut, mulai tanggal 7 Oktober nanti, jembatan Kali Bodri yang ada di pantura Patebon juga akan dibangun. Diperkirakan, arus lalu lintas di jalan yang menghubungkan Jakarta dan Semarang tersebut semakin padat.

“Semua pengguna jalan kami harap tetap waspada dan hati-hati, sehingga tidak terjadi kemacetan,” tambahnya.

Padatnya pantura Kendal ini membuat beberapa sopir mengeluh. Pasalnya, jarak Weleri–Semarang yang seharusnya bisa ditempuh tidak lebih dari satu jam kini malah bertambah lama.

“Sekarang, Weleri-Kendal malah bisa satu jam, kadang lebih,” aku Sutiono, salah satu sopir truk asal Rembang.

Sutiono berharap, agar pembangunan jalan di pantura Kendal cepat selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com