Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Keperawanan, Bentuk Kebijakan Inkonstitusional

Kompas.com - 21/08/2013, 08:59 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Lembaga Perlindungan Anak Kota Kediri, Jawa Timur, menilai tes  keperawanan sebagai persyaratan masuk sekolah dapat merampas hak anak di bidang pendidikan sehingga bentuk dari kebijakan yang inkonstitusional.

Sekretaris Jenderal LPA Kota Kediri Heri Nurdianto mengatakan, anak-anak yang kehilangan keperawanan tidak hanya disebabkan oleh perbuatan seks bebas, tetapi juga dapat terjadi karena berbagai faktor lainnya.

"Kalau mereka tidak perawan karena korban perkosaan ayah tiri, ayah kandung, atau kejahatan seksual lainnya, apakah hak-hak pendidikan mereka lantas menjadi terabaikan?" kata Heri Nurdiyanto kepada Kompas.com, Rabu (21/8/2013).

Sekolah seharusnya berkewajiban mendidik, membina moralitas peserta didik agar nantinya menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia sebagaimana amanat undang-undang. "Jadi, sekolah yang mewajibkan tes virginitas adalah bentuk inkonstitusional dan merampas hak pendidikan anak, khususnya mereka para korban kejahatan seksual," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, melalui Dinas Pendidikan, membuat rancangan kebijakan yang mewajibkan para siswi anak didik tingkat SMA menjalani tes keperawanan.

Pemkot Prabumulih berdalih tes itu untuk mengurangi potensi terjadinya perilaku negatif dalam bentuk praktik seks bebas maupun adanya praktik prostitusi di kalangan pelajar. Kebijakan itu mulai efektif diberlakukan pada tahun 2014 nanti karena penganggarannya juga baru diajukan pada anggaran belanja daerah pada tahun yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com