Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditangkap, 17 Napi yang Kabur dari Lapas Labuhan Ruku

Kompas.com - 19/08/2013, 09:26 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

BATUBARA, KOMPAS.com - Sejak kerusuhan pecah dan berujung kepada pembakaran Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, aparat kepolisian sudah menangkap kembali 17 narapidana yang sempat kabur sejak Minggu (18/8/2013).

Hal ini ditegaskan Kepala Polres Batubara AKBP JP Sinaga kepada wartawan saat ditemui di Lapas Labuhan Ruku, Senin (19/8/2013). “Kita sudah amankan sebanyak 17 dari 30 orang napi yang sempat kabur tadi malam,” kata Sinaga.

Dari ke 17 napi itu, kata Sinaga, ada 12 orang napi diamankan di Polsek Labuhan Ruku, dua orang napi di Polsek Lima Puluh, sementara tiga napi lainnya dihantar oleh orangtua masing masing napi ke Lapas Labuhan Ruku.

Selain itu, kata Kapolres, pascarusuh dan kebakaran Lapas, polisi sudah mengevakuasi 26 orang napi perempuan dari Lapas Labuhan Ruku. Satu di antaranya hamil tua dan dibawa ke rumah sakit. Sedangkan, 25 lainnya dibawa ke Lapas Tanjung Balai.

Sementara, proses evakuasi para napi akan dilakukan Senin (19/8/2013) sebanyak 500 orang dari 841 orang napi yang ada di Lapas Kelas II A ini. “Kita akan evakuasi dan sebar di beberapa Lapas yang ada di Sumatera Utara,” kata Kapolres lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com