Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Herman Deru Apresiasi 49 Inovator Penyumbang Kemajuan Pembangunan di Sumsel

Kompas.com - 25/09/2023, 10:23 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengapresiasi 49 inovator yang telah berkontribusi dalam kemajuan pembangunan di wilayahnya.

"Saya terkesima malam hari ini, Jumat (22/9/2023), didengungkan orang-orang hebat yang punya inovasi luar biasa. Bisa dibayangkan hampir 9 juta penduduk Sumsel hanya bapak-ibu yang dinobatkan sebagai inovator dalam memajukan provinsi ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Pernyataan tersebut disampaikan Herman saat memberikan penghargaan kepada para inovator dalam acara Anugerah Inovator Provinsi Sumsel 2023 di Griya Agung, Palembang, Jumat.

Ia mengatakan bahwa hal yang lebih penting dari penghargaan adalah keikhlasan memberikan pemikiran, tenaga dan jiwa raga untuk berkontribusi dalam pembangunan Sumsel.

Baca juga: Patung Bung Karno di Banyuasin Dianggap Tak Mirip, Gubernur Sumsel: Tergantung Sisi Memandang

"Piala dan penghargaan yang diterima bukanlah tujuan melainkan bagaimana keikhlasan yang diberikan untuk kemajuan daerah," tutur Herman.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat menghadiri acara Anugerah Inovator Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Griya Agung, Palembang, Jumat (22/9/2023).

DOK. Humas Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat menghadiri acara Anugerah Inovator Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Griya Agung, Palembang, Jumat (22/9/2023).

Ia mengungkapkan, penghargaan inovator yang sudah berjalan tiga tahun dari 2020 hingga 2023 itu bertujuan untuk memajukan daerah dengan kemudahan-kemudahan melalui inovasi yang dilakukan.

"Saya sangat menghargai kontribusi yang telah diberikan para inovator. Inovasi yang dihasilkan ini agar dapat dimasifkan ataupun diterapkan di tengah masyarakat sehingga benar-benar bermanfaat," imbuh Herman.

Inovasi tersebut, lanjut dia, bisa berupa dalam material dan nonmaterial seperti perubahan mindset, salah satunya program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dengan mengubah pemikiran dari pembeli menjadi penghasil.

Baca juga: Presiden Ukraina Minta PBB Cabut Hak Veto Rusia di Dewan Keamanan

Pada kesempatan tersebut, Herman juga dinobatkan sebagai Dewan Pembina Inovator oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Benar-benar saya tidak menyangka dinobatkan sebagai Dewan Pembina Inovator oleh Mendagri. Artinya, kita tidak mengejar penghargaan tapi kita kerja sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang diberikan," ucapnya.

Apresiasi kepada Herman Deru

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel Alamsyah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru atas penghargaan yang diberikan kepada para inovator.

Dia merinci penerima Penghargaan Inovator 2023 adalah sebanyak 49 orang dari 16 kategori.

Rincian kategorinya di antaranya Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)Inovatif, Mahasiswa Inovatif, Guru Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) Inovatif, Guru SLTA Inovatif.

Baca juga: Binus Buka Jurusan Artificial Intelligence, Siapkan Lulusan Inovatif

Kemudian, kategori Masyarakat Umum Inovatif, Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Inovatif, Penyuluh Inovatif Bidang (Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Perkebunan dan Peternakan), Tenaga Kesehatan (Nakes) Inovatif, Camat Inovatif dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Inovatif.

Selain itu, ada kategori Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel Inovatif, Inovasi Terfavorit Tayangan One Day One Innovation, Dosen Inovatif, Peneliti Inovatif dan Ketua TP-PKK Kabupaten atau Kota Inovatif

Sebagai informasi, dalam acara tersebut juga hadir Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia HD, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono, mewakili Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel, Bupati Kabupaten Lahat Cik Ujang, Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah, Wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir Ardani, dan Ketua TP-PKK Kabupaten atau Kota.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com