Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ziarah ke Makam Mantan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey: Berkat Mereka, Sulut Jadi Maju dan Hebat

Kompas.com - 18/09/2023, 15:56 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven O E Kandouw melakukan ziarah ke makam mantan gubernur dan wagub Sulut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Sulut, Senin (18/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Olly mengatakan, kegiatan ziarah ke makam mantan gubernur dan wagub Sulut sudah menjadi keputusan dan kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Setiap memperingati HUT Provinsi Sulut, kata dia, selalu dilakukan ziarah kepada para pendahulu, baik gubernur dan wagub.

“Sebelumnya kami sudah ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Karena ada empat mantan gubernur yang dimakamkan di TMP Kalibata,” kata Olly dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (18/9/2023).

Baca juga: Jadi Wisudawan Tertua ITS, Irfan Tak Mau Kalah Bersaing dengan Generasi Muda

Ia berharap, generasi muda nantinya akan selalu mengingat bahwa Sulut menjadi seperti sekarang karena peran gubernur-gubernur pendahulu.

"Kami tidak melupakan apa yang sudah dikerjakan pendahulu kami. Berkat mereka, Sulut menjadi maju dan hebat," jelas Olly.

Ziarah dibagi 3 kelompok

Gubernur Sulut Olly Dondokambey berziarah ke empat makam mantan gubernur Sulut.DOK. Pemprov Sulut Gubernur Sulut Olly Dondokambey berziarah ke empat makam mantan gubernur Sulut.

Untuk diketahui, kegiatan ziarah tersebut dilakukan secara maraton dalam satu hari yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama dipimpin langsung oleh Gubernur Olly. Ziarah ini diawali dengan mendatangi makam mantan Gubernur Sulut C J Rantung di TMP Kairagi Manado.

Kemudian, ziarah ke makam mantan Gubernur V Worang di TMP Tontalete Minut dan makam mantan Gubernur Dr Sam Ratulangi di TMP Tondano.

Baca juga: Ziarah ke TMP Kalibata, Gubernur Sulut: Supaya Sejarah Tidak Terlupakan

Pada waktu yang sama, Wagub Kandouw melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Dr S H Sarundajang di pekuburan keluarga Desa Kawangkoan.

Kemudian, ziarah dilanjutkan ke makam mantan Gubernur Drs A J Sondakh di pekuburan keluarga Bukit Kasih Kanonang.

Wagub Kandouw selanjutnya melakukan ziarah ke makam mantan Wagub Freddy Sualang di pekuburan keluarga Desa Leilem. Terakhir, rombongan berziarah ke makam mantan Gubernur Dr Sam Ratulangi di TMP Tondano.

Adapun kelompok ketiga dipimpin oleh Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulut. Ziarah ini dilaksanakan di makam mantan Gubernur Abdullah Amu di TMP Pentadio Kabupaten Gorontalo dan makam mantan Wagub Hasan Abas Nusi di pekuburan keluarga Pulubala Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, Asisten III Setda Provinsi Sulut serta pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat terkait lainnya di lingkungan Pemprov Sulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com