Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Mas Dhito: Pramuka Harus Bisa Memberikan Dampak Langsung bagi Masyarakat

Kompas.com - 30/08/2023, 11:46 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki peran yang besar bagi pembangunan di Kabupaten Kediri, mulai dari kesehatan, kebencanaan, hingga pendidikan.

"Pramuka harus bisa hadir di berbagai lini dan memberikan dampak langsung bagi masyarakat agar bisa menjadi ruh kedaulatan bangsa dan negara," tutur pria yang akrab disapa Mas Dhito itu melalui keterangan persnya, Rabu (30/8/2023).

Hal tersebut disampaikan Mas Dhito saat dirinya dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri di Pendopo Panjalu Jayati, Jumat (25/8/2023). Pelantikan dilakukan oleh Ketua Harian Kwartir Daerah Jawa Timur Suyatno.

Alhamdulillah hari ini sudah dilakukan pelantikan Majelis Pembimbing, pengurus, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kabupaten Kediri,” kata Mas Dhito.

Baca juga: Paskibraka Kabupaten Kediri Dapat Beasiswa Studi ke Perguruan Tinggi dari Mas Dhito

Pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri.DOK. Pemkab Kediri Pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri.

Ketua Harian Kwartir Daerah Jawa Timur Suyatno mengatakan, gerakan Pramuka harus dikelola dengan baik dan profesional lewat kolaborasi dengan seluruh elemen.

"Gerakan Pramuka harus menjadi pelopor,” katanya.

Suyatno berharap, Pramuka bisa menjadi gerakan yang mengembangkan Indonesia menjadi negara maju. Anggota-anggota Pramuka juga diharapkan dapat menjadi pembina di negara-negara berkembang.

"Saat ini Pramuka bisa lebih terbuka dan inklusif. Kemudian bisa menjadi gerakan yang berorientasi pada pendidikan, produktivitas, dan inovasi. Ukuran organisasi yang kuat ada empat, yakni struktur, kultur, figur, dan fitur," paparnya.

Baca juga: Ketua TP PKK Kediri: Orangtua yang Sayang Anak Pergi ke Posyandu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com