Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wagub Sumsel Sambut Para Atlet yang Berlaga di Popnas XIV2023

Kompas.com - 27/08/2023, 13:26 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Mawardi Yahya menyambut hangat kehadiran para kontingen Tanah Air yang berpartisipasi pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 di Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mulai Sabtu (26/8/2023) hingga Senin (4/9/2023).

Mawardi mengatakan, Popnas adalah ajang bagi para pegiat olahraga dari kalangan pelajar untuk meraih prestasi.

Oleh karena itu, ia ingin agar para peserta yang ikut pada ajang tersebut dapat menampilkan kemampuan terbaiknya.

"Raihlah prestasi sebanyak-banyaknya pada Popnas XVI 2023 ini. Jangan lupa kedepankan sportivitas dalam bertanding," ujar Mawardi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com Minggu (27/8/2023).

Mawardi menambahkan, selain sebagai sarana mempererat silahturahmi antarpelajar, Popnas XVI 2023 juga dapat berdampak baik bagi kemajuan atlet Indonesia.

Baca juga: Pemprov Sumsel Dukung Implementasi Net Zero Emission 2060 di Wilayahnya

"Ini menjadi salah satu langkah pemerintah dalam mencari atlet. Kami berharap, Popnas XVI ini dapat melahirkan atlet berbakat yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa," ucap Mawardi.

Selain itu, Popnas XVI juga diharapkan dapat membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi, khusunya di Sumsel.

"Popnas ini membawa banyak manfaat, mulai dari membantu pertumbuhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga meningkatnya perekonomian masyarakat. Pemerintah Provinsi sendiri sudah menyiapkan sekitar 45 hotel untuk tempat menginap para atlet dan rombongan," katanya.

Popnas XVI 2023 Sumsel, lanjut Mawardi, diikuti setidaknya oleh 10.000 ribu pegiat olahraga, mulai dari kalangan pelajar, official cabang olahraga (cabor), official kontingen, hingga sejumlah tamu lain.

Adapun penyelenggaraan Popnas XVI 2023 akan mempertandingkan sebanyak 22 cabor.

Cabor tersebut akan dipertandingkan di berbagai tempat, seperti Jakabaring Sport City (JSC), jasmani daerah militer (Jasdam), Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang, dan Al-Azhar Convention Centre.

Baca juga: Capaian Gemilang Pemprov Sumsel Selama 2022, Aset Naik 5,82 Persen hingga Utang Turun 9,03 Persen

Sebagai informasi, kegiatan penyambutan atlet Popnas XVI 2023 di Sumsel turut dihadiri oleh Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bayu Rahardian, dan Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora M Aziz Ariyanto.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel, dan sejumlah perwakilan kontingen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com