Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tito Karnavian Akan Pimpin Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di Natuna

Kompas.com - 16/08/2023, 12:01 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian direncanakan memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2023, dari Natuna, Kepulauan Riau.

Pelaksana harian Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Robert Simbolon mengungkapkan, kehadiran Menteri Tito di perbatasan merupakan wujud dari kehadiran negara di etalase negeri.

"Wujud negara hadir di kawasan perbatasan pada momen penting dan bersejarah pada hari Kemerdekaan ke-78 RI," ujar Robert dalam siaran pers, Rabu (16/8/2023). 

Baca juga: Cerita Anang, 12 Tahun Berjualan Bakso di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Saat memimpin upacara nanti, Menteri Tito akan mengenakan busana adat.

Hanya saja, belum diketahui busana adat dari daerah mana yang akan dikenakan Menteri Tito. Hal ini akan menjadi kejutan bagi warga Natuna.

Robert menjelaskan, peringatan HUT ke-78 RI kali ini mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

"Tema ini adalah cermin semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju," ujar Robert.

Baca juga: Catatan Perjalanan ke PLBN Entikong: Kesal karena Macet Terbayar Lunas Kopi Susu Bintangor

Sekadar informasi, Kompas.com berkolaborasi dengan BNPP menggelar peliputan di lima Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yakni PLBN Sei Nyamuk di Nunukan, Kalimantan Utara; PLBN Entikong di Sanggau, Kalimantan Barat; PLBN Motaain di Belu, Nusa Tenggara Timur; PLBN Skouw di Jayapura, Papua; serta PLBN Yetetkun di Boven Digoel, Papua Selatan.

Catatan perjalanan dan kisah dari perbatasan akan tersaji di Kompas.com dalam liputan khusus "Merah Putih di Perbatasan", yang mulai tayang pada Selasa (15/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com