KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Warga Eks Kebon Harjo Kini Huni Rusun Semarang Hebat, Mbak Ita: Ini Berkat Dukungan Mas Vino

Kompas.com - 10/08/2023, 20:42 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Mochamad Herviano Widyatama yang sudah membantu dalam proses pembangunan Rumah Susun (Rusun) Semarang Hebat.

“Kami atas nama pemerintah dan warga masyarakat menghaturkan matur nuwun. Ini semua berkat dukungan dari Mas Vino yang tidak berhenti memberi support kepada kami semua, baik dari rusun, jalan, kemudian pengendalian banjir,” kata wanita yang akrab disapa Mbak Ita itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Hal tersebut dikatakan Mbak Ita saat bersama Herviano dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melakukan penyerahan kunci Rusun Semarang Hebat atau Rusun Sawah Besar Tower 3 kepada warga eks Kebonharjo, Semarang Utara, Kota Semarang, Rabu (9/8/2023).

Menurut Mbak Ita, posisi Herviano yang menjadi Anggota Komisi V DPR membuat pria ini berperan dalam beberapa pembangunan di Kota Semarang. Komisi V DPR sendiri mempunyai ruang lingkup tugas di bidang infrastruktur dan perhubungan, sehingga bermitra dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Baca juga: Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Rampung Awal 2024

Terkait Rusun Semarang Hebat, Mbak Ita menyampaikan bahwa banyak masyarakat Kota Semarang yang berminat untuk menghuni rusun tersebut.

Pasalnya, kata dia, rusun hasil kolaborasi Kementerian PUPR dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang itu memiliki bangunan seperti apartemen.

“Dengan (adanya) rusun ini, kemarin sebagian warga Kebonharjo yang terdampak program revitalisasi rel kereta api (double track) dapat masuk (tinggal) di sini. Sehingga mereka bisa mendapatkan yang lebih baik dan enak. Terbukti banyak yang ngantri karena rusunnya seperti apartemen,” ujar Mbak Ita.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-531 Serangan Rusia ke Ukraina: Apartemen Pokrovsk Dirudal | Erdogan Tagih Janji Barat

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPR RI Komisi V Mochamad Herviano Widyatama berpesan kepada warga eks Kebonharjo agar merawat dan mempergunakan Rusun Semarang Hebat atau Rusun Sawah Besar Tower 3 dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, bangunan tersebut sudah sangat bagus dan memiliki beberapa fasilitas yang bisa dipergunakan.

Alhamdulillah, fasilitasnya cukup baik, cukup banyak. Ada tempat futsal dan ruang terbuka hijau. Kami titip untuk rusunnya ini dirawat dan dipergunakan sebaik-baiknya. Ada tempat tidur, lemari, kursi, dan toiletnya juga toilet duduk,” ujar Herviano.

Ia juga memohon doa restu kepada masyarakat untuk mendukung penambahan fasilitas umum (fasum) lain di Rusun Semarang Hebat.

Baca juga: Perbaiki Fasum dan Rumah Terdampak Gempa Bantul, Pemkab Wonogiri Siapkan BTT Rp 5 Miliar

Lebih lanjut, Herviano mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus memperjuangkan hak-hak masyarakat, khususnya perihal masalah hunian di Kota Semarang.

“Semoga permasalahan hunian ini bisa kami perjuangkan dan terus bertambah. Tentunya, terima kasih kepada Kementerian PUPR dan mitra kerja lainnya, dan khususnya Pemkot Semarang yang luar biasa. Mudah-mudahan bisa terus kita perjuangkan bersama,” imbuhnya.

Selain Kementerian PUPR, Komisi V DPR RI juga bermitra dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

  

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com