Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

"Festival Larungan", Kalender Wisata Pemda Seluma yang Dinanti Masyarakat

Kompas.com - 30/07/2023, 20:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pemda Seluma, Provinsi Bengkulu menggelar Festival Larungan, sebuah event wisata daerah berbasiskan akulturasi budaya, beberapa waktu lalu.

Festival Larunga dibuka Bupati Seluma Erwin Octavian didampingi Wakil Bupati Drs. Gustianto. Event yang masuk dalam Calender of Event 2023 Pemda Seluma digelar di Pantai Pandan Sari Desa Penago I Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Jum'at (28/7/2023).

Kegiatan dikoordinir Dinas Perikanan dan Disnakertrans Kabupaten Seluma dan mengambil tema "Membawa Berkah dari Laut untuk Kesejahteraan Nelayan".

Festival melibatkan ribuan masyarakat serta nelayan serta dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, Forkopimda Seluma, Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, BPJS Seluma, Baznas, Ketua organisasi Wanita di Kabupaten Seluma (TP PKK, GOW, DWP dan Persit), tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat Kecamatam Ilir Talo.

Kepala Dinas Perikanan Zuraini didampingi Kepala Dinas Nakertrans Rosdiana dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Festival Larungan ini.

"Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Festival Larungan ini adalah lomba mewarnai tingkat PUD/TK/RA, lomba masak olahan ikan antar PKK kecamatan di wilayah Kabupaten Seluma, dan lomba permainan song," ujarnya.

Kepala Desa Penago I Rustam Effendy dalam sambutannya menyampaikan larungan ini merupakan acara syukuran tahunan yang selalu diperingati pada tanggal 10 Muharam atau Bulan Suro.

"Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Seluma yang telah mengangkat acara ini menjadi sangat meriah menjadi Festival Larungan," ungkap Rustam Effendy.

Baca juga: Pemda Seluma Bengkulu Hidupkan Kembali Tradisi Parut Kelapa Kuno

Bupati Seluma Erwin Octavian dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah menyukseskan Festival Larungan ini.

"Alhamdulillah festival Larungan yang masuk dalam agenda Calendar of Events Seluma tahun 2023 ini berlangsung meriah," ujar Erwin Octavian.

"Kegiatan ini selain untuk mempererat tali silaturahmi juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat nelayan yang ada di Desa Penago 1 dan sekitarnya, atas rezeki melaut mereka selama ini dari sang pencipta," jelasnya.

"Semoga melalui kegiatan ini mendukung program visi misi kita mewujudkan Seluma Berbudaya dan Beragama," harap Erwin Octavian.

"Semoga seni budaya yang ada di Desa Penago 1 ini berupa Paguyuban Kesenian Jaranan Campursari Turangga Manik Seta, Sarafal Anam, tari dan pencak silat yang ditampilkan hari ini, tetap terjaga kelestariannya," lanjut Bupati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara Larungan (sedekah laut), sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada sang pencipta Allah SWT.

Festival ini awalnya ritual resmi para nelayan di Seluma, kemudian pemerintah melihat ini merupakan potensi kekayaan kebudayaan yang harus dilestarikan serta dipromosikan sebagai wisata daerah.

Sebelumnya acara Larungan ini ada beberapa acara yang sudah dilaksanakan masyarakat Desa Penago 1 sejak hari Kamis malam kemarin, di antaranya Yasinan dan Kenduri, memohon doa keselamatan kepada Allah SWT.

Baca juga: Kabupaten Seluma di Bengkulu Gelar Banyak Event Pariwisata Sepanjang 2023

Kemudian Bupati Seluma juga membagikan bendera kepada masyarakat dalam rangka Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih menjelang HUT RI tanggal 17 Agustus 2023, bantuan 15 paket sembako dari Baznas, 10 paket sembako dari Pemerintah Kabupaten Seluma, bantuan pengobatan gratis untuk 1 orang warga, dan pemberian sertifikat bagi para nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com