Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jual 2.800 Porsi Mi Sagu, Gubernur Riau Syamsuar Raih Penghargaan MURI

Kompas.com - 30/07/2023, 17:30 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar menerima penghargaan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk penjualan mi goreng sagu terbanyak di Indonesia pada acara Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Provinsi Riau Tahun 2023 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Minggu (30/7/2023).

Pada kegiatan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil menjual 2.800 porsi mi sagu.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Customer Relations Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Lutvi Syah Pradana kepada Gubernur Syamsuar dalam acara gerak jalan santai sekaligus pemecahan Rekor MURI mie goreng sagu terbanyak di Halaman Kantor Gubernur Riau.

Baca juga: Dongkrak Sektor UMKM dan Pariwisata, Pemprov Riau Jadi Tuan Rumah Gernas BBI-BWI 2023

Gubernur Syamsuar merasa senang karena Provinsi Riau yang dikenal sebagai penghasil sagu bisa mendapatkan Rekor MURI. Ia berharap, penghargaan ini bisa memotivasi masyarakat agar selalu melestarikan dan mengembangkan kuliner daerah.

"Alhamdulillah, mi goreng sagu kami mendapatkan Rekor MURI karena terjual sebanyak 2.800 porsi," ujar Gubernur Syamsuar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Oddo Manuhutu juga berkesempatan mencicipi kuliner khas Provinsi Riau itu.

"Mie goreng sagunya enak," ujar Oddo.

Gubernur Syamsuar melanjutkan bahwa BBI dan BBWI merupakan suatu wadah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sekaligus memperkenalkan sektor pariwisata di Riau.

Selain itu, ia juga mengungkapkan kebanggaannya atas terpilihnya Riau sebagai salah satu tuan rumah BBI dan BBWI di antara sembilan provinsi lainnya.

Baca juga: Kementerian Investasi Rilis Realisasi PMDN Triwulan II 2023, Pemprov Riau Raih Peringkat 2

Pemprov Riau terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat, khususnya untuk mendorong penggunaan produk lokal atau dalam negeri dari UMKM.

Pada masa panen Gernas BBI dan BWI 2023, Pemprov Riau menyediakan 150 booth gratis untuk UMKM. Perhelatan ini digelar mulai dari Jumat (28/7/2023) hingga Minggu (30/7/2023) di Halaman Gubernur.

Untuk menyukseskan acara tersebut, Pemprov Riau bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai panitia penanggung jawab acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com