Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hanya dalam 3 Hari, Gelaran KKJ-PKJB 2023 Berhasil Cetak Perputaran Uang Rp 2,5 Miliar

Kompas.com - 10/07/2023, 16:09 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Gelaran Karya Kreatif Jawa Barat-Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) berhasil mencetak perputaran uang sebesar Rp 2,5 miliar dalam kurun tiga hari saja, yakni Jumat (7/7/2023) hingga Minggu (10/7/2023).

Data Bank Indonesia (BI) mencatat, acara yang diselenggarakan di area Gedung Sate Bandung tersebut membukukan pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang fantastis.

Kepala Dinas Industri Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Jabar) Noneng Komara Nengsih mengaku puas dengan gelaran KKJ-PKJB yang terselenggara tahun ini. Sebab, acara ini berhasil mendorong perluasan akses pasar bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, sebut dia, KKJ-PKJB juga meningkatkan akses jasa keuangan perbankan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital, serta meningkatkan nilai tambah industri kecil menengah dan perdagangan.

Baca juga: Ridwan Kamil: Helaran KKJ-PKJB Merupakan Identitas Jabar

"Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat akan produk kreatif dan kerajinan tangan Jabar sangat tinggi," tutur Noneng, dikutip melalui keterangan persnya, Senin (10/7/2023).

Noneng tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam KKJ-PKJB, yakni Kantor Perwakilan BI Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan, peserta tenant, perangkat daerah, pemerintah kabupaten/kota, serta pengunjung. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, KKJ-PKJB merupakan identitas warga Jabar. Sebanyak 97 persen tenaga kerja di Jabar terserap melalui UMKM dengan perputaran ekonomi yang berada di angka 60 persen.

“Ini membanggakan, semua yang peduli ekonomi harus terlibat dalam memajukan ekonomi dalam bentuk infrastruktur, pinjaman kepada pelaku ekonomi kreatif dan dukungan lainnya. Jadi ada bentuknya even, announce, infrastruktur seperti ini," tutur pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Baca juga: Lewat Pameran KKJ-PKJB, Dekranasda Jabar Perluas Akses Pasar Sektor Kriya

Dia melanjutkan, kemudahan regulasi finansial harus dilakukan secara kompak. Contohnya adalah seperti bermain bola untuk memenangkan kompetisi. Setiap pihak memiliki kewenangan dan peran masing-masing untuk berkontribusi.

"Pekan kerajinan juga bagian dari peta besar menjadikan ekonomi kreatif Jawa Barat maju dan jadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Gelaran KKJ-PKJB 2023 di area Gedung Sate, Bandung, Jumat (7/7/2023) hingga Minggu (10/7/2023).DOK. Pemprov Jabar Gelaran KKJ-PKJB 2023 di area Gedung Sate, Bandung, Jumat (7/7/2023) hingga Minggu (10/7/2023).

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya mengungkapkan, KKJ-PKJB tahun ini merupakan bentuk kerja sama yang apik antara BI Jabar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, Dekranasda Jabar, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Menurutnya, KKJ-PKJB tahun ini lebih menarik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, penyelenggaraan tahun ini menghadirkan sejumlah hal berbeda.

Baca juga: Pemprov Jabar Bakal Hadirkan PKJB sebagai Pusat Pemasaran dan Pengembangan Ekraf

"Alhamdulillah kita bisa melakukannya di pelataran Gedung Sate. Ini hampir dari mulai jalan di depan sampai ke belakang itu semuanya untuk mendorong kegiatan UMKM kita, termasuk banyak juga yang kita libatkan," ujarnya.

Tak hanya itu, sambungnya, penyelenggaraan KKJ-PKJB tahun ini juga dimeriahkan dengan kegiatan Helaran yang diikuti Dekranasda dari 27 kabupaten/kota se-Jabar.

"Jadi mereka akan menampilkan karya-karya terbaik mereka dalam bentuk pawai. Mudah-mudahan masyarakat akan mendapatkan gambaran yang jelas soal produk-produk unggulan di seluruh Jabar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Atalia berharap gelaran KKJ-PKJB tahun ini dapat menjadi kebangkitan ekonomi baru bagi para pelaku UMKM yang berkecimpung dalam industri kreatif. Ia ingin semua pihak tahu bahwa UMKM Jabar memiliki produk-produk yang luar biasa.

Baca juga: Tim Investigasi Pemprov Jabar Rekomendasikan Ponpes Al Zaytun Ditutup

"Jadi ini adalah salah satu upaya kita untuk memberikan akses ke pasar yang lebih luas, sehingga dari sini mungkin akan banyak sekali pembeli," tuturnya.

Sebagai informasi, gelaran KKJ-PKJB 2023 memamerkan berbagai macam hasil kerajinan dari 120 pelaku UMKM se-Jabar. Jenisnya beraneka ragam, mulai dari fesyen, craftlifestylehome décor, serta food and beverage.

Ada pula berbagai ajang lomba menarik. Berikut daftar lengkap pemenang perlombaan KKJ-PKJB 2023:

Lomba Fashion Show

  • Juara 1: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  • Juara 2: Dinas Lingkungan Hidup   
  • Juara 3: Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah   
  • Juara Favorit: Dinas Komunikasi dan Informatika   
  • Juara Terfashionable: Dinas Kesehatan   
  • Juara Terkreatif: Badan Penghubung   
  • Juara Termix and Match: Dinas Perindustrian dan Perdagangan   
  • Juara Terheboh: Biro Perekonomian   
  • Juara Supporter Terbaik: Dinas Lingkungan Hidup    

Baca juga: Nilai Kurban 2023 Jabar Capai Rp 2,3 Triliun, Pemprov Jabar: Bukti Ekonomi Meningkat

Helaran Kabupaten/Kota

  • Juara 1: Kabupaten Bandung Barat
  • Juara 2: Kabupaten Garut
  • Juara 3: Kabupaten Subang   
  • Juara Favorit: Kota Bekasi   
  • Juara Supporter Terbaik: Kabupaten Garut    

Dekranasda Award (Kategori Pembina Teladan)

  • Pembina Teladan 1: Hj Yane Ardian Bima Arya - Kota Bogor   
  • Pembina Teladan 2: Ny Sonya Fatmala - Kabupaten Bandung Barat   
  • Pembina Teladan 3: Euis Hotimah Dikdik S Pd - Kota Cimahi    

Dekranasda Award (Kategori Kriya)

  • Kategori Bahan Baku Kayu: Jam Dinding Kinetic Nial Art - Kabupaten Bogor   
  • Kategori Tekstil: Tas Batik Complongan Tekav - Kabupaten Indramayu   
  • Kategori Batu-batuan: Coet Cobek Batu Padalarang - Kabupaten Bandung Barat
  • Kategori Serat Alam: Selendang Serat Nanas Alfiber Alan Sahroni - Kabupaten Subang   
  • Kategori Logam: Hiasan Dinding Brassco Gallery Nuh Budiman - Kota Cirebon   
  • Kategori Keramik: Vas Hias dan Fungsi Vas Hias Riman Wijaya Keramik - Kabupaten Purwakarta   
  • Kategori Material Alam Lainnya: Lampu Hias: KJL ID Yono Taryono - Kabupaten Subang
  • Juara Favorit Kriya Unggulan: Jam Dinding Kinetic Nial Art - Kabupaten Bogor
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com