KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Sisihkan 24 Kota dari 18 Negara, Kota Semarang Jadi Pilot Project Sistem Air Bersih dari Lembaga Dunia

Kompas.com - 06/07/2023, 20:22 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – International Water Resources Association (IWRA), Korea Water Resources Corporation (K-water), dan Asia Water Council (AWC) memilih kota Semarang sebagai pilot project pengembangan sistem suplai air bersih.

Wali Kota (Walkot) Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Kota Semarang berhasil menyisihkan 24 kota dari 18 negara untuk dipilih menjalankan program bertaju Smart Water Cities Pilot Evaluation Project itu.

Dia mengatakan itu usai menandatangani Letter of Intent (LoI) Smart Water Cities Pilot Evaluation Project pertama di luar negara Korea Selatan, di Korea Selatan (Korsel), Kamis (6/7/2023).

Walkot yang akrab disapa Mbak Ita itu menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bersama direktur utama perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang menandatangani LoI untuk Smart Water City Pilot Project pertama di luar Korsel.

Baca juga: Pemkot Semarang Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-turut, Mbak Ita: Semua Milik Rakyat

“Kalau di Korsel ini adalah di Busan dan Kota Semarang bisa mengalahkan 24 kota seluruh dunia dari 18 negara,” terang dalam siaran pers.

Walkot perempuan pertama Kota Semarang itu juga menyebutkan, prestasi tersebut merupakan bagian dari duKungan masyarakat Kota Semarang.

“Ini merupakan satu prestasi dan ini merupakan support dari masyarakat kota Semarang juga, karena nantinya akan menjadi pertama di dunia, di luar Busan untuk Smart Water City Project,” sebutnya.

Mbak Ita berharap, Smart Water Cities Pilot Evaluation Project nantinya bisa mencapai kesepakatan Memorandum of Agreement (MoA) sehingga membuahkan hasil yang diperkirakan bisa rampung pada Desember 2023.

“Tentu ini adalah kerja keras bersama. Diharapkan tahapannya sampai di MoA yang akan dilaksanakan pada September di Beijing, dan nanti hasilnya pada Desember 2023,” ujarnya.

Baca juga: Peserta PKN Tingkat II Angkatan X LAN Belajar Teknologi Rekayasa dan Metaverse dari Pemkot Semarang

Penandatanganan tersebut disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.

Pada kesempatan itu, Basuki mengapresiasi lembaga-lembaga tersebut karena dia ingin melihat proyek yang dikerjakan menjadi batu loncatan agar Kota Semarang memiliki sistem suplai air bersih terbaik di Indonesia.

“Saat ini kita punya di Banjarmasin dengan sistem air bersih yang bagus. Semoga nanti Kota Semarang memiliki sistem yang lebih baik. Terima kasih telah memilih Kota Semarang. Saya akan terus memonitor project ini,” ujarnya.

Basuki menyampaikan, Smart Water Cities Pilot Evaluation Project merupakan kesempatan emas dalam upaya untuk memperbaiki sistem suplai air bersih, khususnya di Kota Semarang.

“Kesempatan emas kita untuk memiliki sistem suplai air bersih yang lebih baik di Kota Semarang,” ujarnya.

Baca juga: 5 RT di Semarang Kekurangan Air Bersih, Pemkot Semarang Bentuk Satgas Penanggulangan Bencana Alam

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com