Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Guru dan Tendik di Kota Tangerang Dapat Insentif Rp 650.000 Per Bulan, Jadi yang Tertinggi Se-Banten

Kompas.com - 04/07/2023, 16:30 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Tangerang menjadi kota dengan dana insentif guru dan tenaga pendidik (tendik) tertinggi se-Provinsi Banten.

Tercatat, guru dan tendik menerima Rp 650.000 insentif per bulan. Kabupaten atau kota lain di Banten rata-rata memberikan insentif sebesar Rp 250.000 per bulan.

Wali Kota (Walkot) Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, guru dan tendik memiliki peran yang penting, sehingga kesejahteraan mereka harus terus diutamakan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melihat guru dan tendik sebagai pihak berjasa yang harus diperhatikan. Mereka telah bekerja keras menciptakan generasi emas di Kota Tangerang.

“Dengan pemberian insentif ini, kami berharap kesejahteraan guru dapat terjaga. Selanjutnya akan berefek pada ketenangan para guru dalam bekerja dan mengajar anak-anak Kota Tangerang. Sehingga, kualitas guru dan anak-anak akan meningkat," tutur Arief melalui keterangan persnya, Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Insentif Guru Honorer PAI Cair Juni 2023, Cek Kriteria Penerimanya

Kepala Dinas Pendidikan, Kota Tangerang Jamaluddin mengungkapkan, Pemkot Tangerang menggelontorkan Rp 188 miliar untuk membiayai insentif 19.825 guru dan tendik.

Dari angka tersebut, rinciannya adalah 5.792 guru dan tendik TK/PAUD/RA, 220 guru dan tendik di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), 257 guru dan tendik di sekolah khusus (SKH), 7.051 guru dan tendik di sekolah dasar (SD), 1.659 guru dan tendik di madrasah ibtidaiyah, 3.796 guru dan tendik di sekolah menengah atas (SMP), serta 1.050 guru dan tendik di madrasah tsanawiyah (MTS).

Jamaluddin menerangkan, dana insentif sebesar Rp 650.000 disalurkan secara berkala selama 12 bulan. Jumlah penerimanya pada 2023 terus meningkat dibandingkan pada 2022 yang berada di angka 19.151 orang.

Lebih lanjut, Jamaluddin menerangkan, Pemkot Tangerang terus mendukung penuh pengelolaan sistem pemberian insentif bagi guru dan tendik. Dengan demikian, guru dan tendik di daerah bisa lebih baik dan maju ke depannya.

Baca juga: Ganjar Gelontorkan Rp 247,6 Miliar untuk Insentif Guru Ngaji dan Madrasah Diniyah

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang tulus dan ikhlas dari para guru dan tendik selama ini dalam mencerdaskan anak-anak bangsa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com