Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ridwan Kamil Berikan Bantuan kepada Balita Pengidap Apert Syndrome

Kompas.com - 12/10/2022, 19:18 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan bantuan kemanusiaan kepada Arini Supriatna (4), balita pengidap penyakit apert syndrome dan apert hand bilateral asymmetry di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (11/10/2022).

"Saya bersama salah satu warga Jawa Barat Arini Supriatna usia 4 tahun punya penyakit dan permasalahan di kepalanya sehingga berdampak pada perkembangan fisiknya," ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (12/10/2022).

Kondisi Arini sangat mengharukan ketika ditinggal kedua orang tua kandungnya. Ayahnya sudah meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, sedangkan ibunya pergi menjadi tenaga kerja wanita (TKW).

Kini, Arini dirawat oleh kedua orang tua angkatnya Dede (57) dan Supriatna (52) di Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Baca juga: 5 Daerah di Jabar Berstatus Siaga Bencana, Ridwan Kamil Ingatkan Warga Waspada Banjir dan Longsor

"Hal yang mengharukan, ia ditinggalkan ibu kandungnya entah ke mana. Kemudian akhirnya karena bapaknya sudah meninggal dunia, dia diasuh Pak Supriatna dan Ibu Dede di sebuah tempat di Rancaekek," ucapnya.

Ridwan Kamil pun mendoakan agar keluarga baru dengan beberapa keterbatasan ini bisa hidup bahagia hingga akhir hayat kelak.

Adapun Arini tumbuh dengan kelainan pada kepala dan tangannya tumbuh tidak sempurna. Jari-jari tangannya tampak tidak simetris.

Selama dirawat Ibu Dede dan Bapak Supriatna, Arini belum pernah sekalipun mendapatkan bantuan. Padahal, Arini harus melakukan pemulihan dari penyakitnya dengan nominal yang lumayan mahal.

Namun, usaha Dede menemui titik terang setelah mengetahui ada unit kemanusiaan Jabar Quick Response (JQR) dari Google.

Baca juga: Diteriaki Presiden oleh Warga Tasikmalaya, Ridwan Kamil: Itu Sebuah Doa

Setelah itu, Dede menghubungi JQR dan bisa bertemu dengan Ridwan Kamil sekaligus mendapatkan bantuan.

"Kita doakan keluarga baru ini diberikan keberkahan, kemudahan walaupun masing-masing beliau punya ujian. Terus kalau ada apa-apa kabari lewat JQR untuk kemanusiaan," jelas Ridwan Kamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com