KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Pedagang Cilok Asal Kabupaten Semarang Ini Terharu Dapat Bantuan RTLH dari Ganjar Pranowo

Kompas.com - 12/04/2022, 18:07 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seorang pedagang cilok asal Dusun Kebon Ombo, Kabupaten Semarang bernama Junaidi mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Huni dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Junaidi mengaku kaget sekaligus terharu karena Ganjar Pranowo berkunjung ke kediamannya di Dusun Kebon Ombo RT 1/4, Kabupaten Semarang.

Ia pun mengucakpkan terima kasih atas bantuan RTLH yang diberikan orang nomor satu se-Jateng tersebut.

Alhamdulillah pak Ganjar, maturnuwun sanget (terima kasih banyak). Semoga pak Ganjar panjang umur, sehat selalu dan dimudahkan segala urusan,” ungkap Junaidi dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Demo Diwarnai Bakar Ban, Massa Berharap Ditemui Ganjar Pranowo

Niki nek udan nggeh bocor, Pak (kalau hujan bocor semua, Pak). Lha meniko atap do bolong-bolong (itu atapnya sudah bolong semua),” jelas Junaidi.

Sebagai informasi, Junaidi dan keluarganya tinggal di rumah jauh dari kata layak. Rumah dengan dinding kayu dan berlantai tanah itu merupakan rumah warisan.

Pekerjaannya sebagai penjual cilok membuatnya tak bisa memperbaiki rumah yang diketahui sudah hampir roboh tersebut.

“Jualan cilok penghasilannya nggak tetap. Kalau lagi ramai bisa dapat Rp 250.000. Memang tidak bisa diprediksi,” cerita Junaidi.

Tiang peyangga di rumah itu juga terlihat miring, sehingga cukup membahayakan untuk ditinggali. Sementara itu, di bagian dapur dan kamar mandi juga masih jauh dari kata nyaman.

Baca juga: Begini Tampilan Dua Pasar Rakyat di Jawa Tengah Usai Direhabilitasi

“Kemarin hujan lebat itu bocor kemana-mana. Sampai saya taruh ember di beberapa tempat supaya nggak banjir. Makanya saya berterima kasih sekali, rumah saya mau diperbaiki oleh Pak Ganjar,” katanya sambil menahan tangis.

Setelah melihat secara langsung kondisi rumah dari Junaidi, Ganjar lalu menyerahkan bantuan RTLH yang bersumber dari Badan Zakat Nasional (Baznas) sebesar Rp 20 juta dan memberikan sembako dan uang tunai kepada Junaidi.

Mangke didandani nggih, kersane luwih nyaman (nanti dibenarkan, biar lebih nyaman). Mangke bapak-bapak gotong royong nggih, diewangi pak Junaidi ndandani omah (nanti bapak-bapak gotong royong membantu Pak Junaidi membangun rumah),” kata Ganjar.

Untuk diketahui, selama Ramadhan 2022, Ganjar terus berkeliling ke sejumlah tempat untuk memberikan program pembangunan RTLH bagi warga miskin.

Baca juga: Ganjar Pranowo Dapat Gelar Teungku di Aceh, Ini Artinya

Selain itu, ia juga berkunjung ke sejumlah panti asuhan, panti sosial ataupun pondok pesantren untuk memberikan bantuan.

Seperti yang terjadi pada Selasa (12/4/2022), Ganjar mengunjungi panti asuhan Al-Harun Kampung Truko di Kabupaten Semarang untuk memberikan sejumlah bantuan.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com