Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 5 Hari, Banjir di Karawang Berangsur Surut, Pengungsi Mulai Kembali

Kompas.com - 11/02/2021, 15:08 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Banjir di Karawang berangsur surut. Sebagian pengungsi kembali ke rumah.

Cayem, warga Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat misalnya, kembali ke rumah setelah sekitar lima hari mengungsi. "Kemarin mengungsi ke mes," kata Cayem ditemui di Desa Karangligar, Kamis (11/2/2021).

Cayem menyebut kini dirinya tengah membersihkan rumah dari lumpur sisa banjir. Sehingga, kata dia, saat ini butuh air bersih. "Sekarang butuh air bersih," ujar dia.

Baca juga: 1.085 Hektar Sawah di Karawang Kena Banjir, Petani Peserta Asuransi Pertanian Bisa Ajukan Klaim

Sekretaris Desa Karangligar, Miharja, menyebut banjir di desanya masih terjadi di Kampung Pengasinan dan Kampek dengan ketinggian air 15 cm - 150 cm.

"Sebagian surut, namun nasih ada 214 rumah yang terendam," ujar Miharja.

Karangligar menjadi salah satu wilayah dengan banjir terparah di Karawang. Banjir di Karangligar dan desa di sekitarnya terjadi akibat meluapnya Sungai Cibeet yang berhulu di Bogor.

Tahun lalu, pemerintah pusat berjanji akan membuatkan Bendungan Cibeet untuk mengatasi banjir di Karangligar. Bendungan itu akan dibangun di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Banjir di Karawang Meluas ke 30 Kecamatan, 3.396 Orang Mengungsi, 1 Meninggal

Selain di Karangligar, banjir di Kecamatan Cilamaya juga surut. Hal ini berdasarkan penuturan Camat Cilamaya Wetan, Rachmat Basuki.

Banjir di wilayahnya, kata Basuki, terjadi di delapan desa. Di antaranya Desa Rawagempol Wetan, Desa Tegalwaru, dan Desa Cilamaya.

"Alhamdulillah sudah surut," ujar Basuki melalui pesan singkat.

Baca juga: Penyebab Banjir di Dawuan Karawang, karena Pintu Air Situ Kamojing Dibuka

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang hingga 10 Februari 2021 pukul 19.30 WIB, banjir di Karawang menyisakan 17 desa di 6 kecamatan.

Di antaranya Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat, Desa Telukbuyung Kecamatan Pakisjaya, dan Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com