Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Kudeta di Partai Demokrat, Kader Sumut: Ini Ujian...

Kompas.com - 04/02/2021, 13:24 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Menanggapi isu kudeta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tiga anggota DPRD Sumut Fraksi Demokrat yaitu Tangkas Manimpan Tobing, Saut B Purba dan M Andri Alfisah sepakat mengatakan bahwa AHY adalah Ketua Umum Partai Demokrat.

Mereka berharap seluruh kader Partai Demokrat semakin solid menghadapi upaya pengambilalihan paksa kepemimpinan partai.

"Ini ujian untuk semua kader agar tetap menjaga kesolidan, supaya pihak luar tidak mampu merongrong dan menghancurkan partai yang kita cintai. Semoga kebenaran segera terungkap dan Partai Demokrat tetap solid di bawah kepemimpinan Ketua Umum AHY," kata Tangkas kepada wartawan, Kamis (4/2/2021). 

Baca juga: DPC Demokrat Garut Dukung AHY, Bantah Ada Pungutan dari DPP

Saut dan Andri malah mengecam tindakan oknum partai dan pihak luar partai yang sengaja ingin menghancurkan Partai Demokrat. Menurut keduanya, para politisi di bawah naungan Partai Demokrat seharusnya tunduk kepada AD/ART dan mampu mengedukasi politik masyarakat.

"Jangan menghalalkan segala cara hanya untuk memenuhi hasrat kekuasaan," ucap Saut.

Seperti diberitakan, Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyebut ada gerakan yang akan mengambilalih partai secara paksa. Menurutnya, pengambilalihan posisi pucuk pimpinan terindikasi dilakukan lewat Kongres Luar Biasa (KLB). Para pelaku menargetkan 360 kader pemegang suara untuk mengambil-alih posisi ketua umum partai.

Baca juga: Demokrat Klaim Ada Aliran Dana untuk Jegal AHY, Tiap DPC Rp 100 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com