Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Pohon Tumbang, Jika Ada Hujan Lebat dan Angin Kencang Mobil Sebaiknya Menepi

Kompas.com - 21/12/2020, 11:04 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, peringatkan masyarakat terkait ancaman bencana hidrometerologi di akhir tahun.

Dikatakan Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan, salah satu kondisi cuaca yang patut diwaspadai adalah angin kencang dan puting beliung yang berpotensi pohon tumbang.

Pohon tumbang sendiri telah terjadi beberapa kali di sejumlah tempat dan wilayah di Cianjur,” kata Irfan kepada Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Disebutkan, angin kencang terjadi hampir setiap hari, sehingga perlu kewaspadaan masyarakat termasuk para pejalan kaki dan pengguna jalan.

Baca juga: Pohon Tumbang Timpa Rumah Lansia, Pemilik Diselamatkan Warga Lewat Jendela

“Beberapa titik di ruas jalan rawan pohon tumbang. Karenaanya, kewaspadaan harus terus ditingkatkan,” ujar dia.

“Untuk pengendara, terutama roda dua sebaiknya menepi dulu, apalagi jika angin kencang disertai hujan lebat, karena jarak pandang juga terbatas," ucap Irfan menambahkan.

BPBD Cianjur sendiri, sebut dia, telah berkordinasi dengan dinas terkait perihal upaya pemangkasan sejumlah pohon kakija (kanan-kiri jalan) yang rawan tumbang dan bisa membahayakan masyarakat.

“Sudah dikordinasikan. Sedang didata di lapangan potensi-potensi mana saja,” kata Irfan.

Lebih lanjut dikatakan, sejumlah ruas jalan yang patut diwaspadai kaitan rawan pohon tumbang, di antaranya, jalan Araha, jalan Siliwangi, ruas jalan raya Bandung, dan ruas jalan raya Cugenang-Cipanas.

Baca juga: Swab Massal, Tiga Kepala Dinas di Cianjur Terpapar Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com