Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Penuh, Kapasitas Ruang Isolasi di Banyumas Ditambah hingga 400 Tempat Tidur

Kompas.com - 01/12/2020, 14:40 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menambah tempat tidur di ruang isolasi pasien Covid-19.

Pasalnya tempat tidur ruang isolasi telah penuh akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19 sejak beberapa waktu terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, telah berkoordinasi dengan 10 rumah sakit di Banyumas untuk menambah tempat tidur ruang isolasi.

"Kami sudah koordinasi dengan rumah sakit untuk dibantu menambah tempat isolasi. Sekarang sudah ada 400 tempat tidur untuk isolasi," kata Sadiyanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: Spanduk Ajakan Taati Protokol Kesehatan Diturunkan, Seniman di Banyumas Protes

Namun, kata Sadiyanto, tempat tidur yang tersedia di rumah sakit tidak hanya digunakan untuk pasien dari wilayah Kabupaten Banyumas.

"Masalahnya yang memanfaatkan tempat tidur di rumah sakit bukan hanya warga Banyumas saja, tapi ada juga dari Purbalingga, Cilacap, dan lainnya," jelas Sadiyanto.

Lebih lanjut Sadiyanto mengatakan, hingga Senin (30/11/2020) 22.00 WIB tercatat 2.057 kasus terkonfirmasi Covid-19.

Rinciannya, 1.136 orang sembuh, 78 orang meninggal dunia dan sisanya masih menjalani perawatan di rumah sakit, rumah karantina dan karantina mandiri.

Terkait banyaknya kasus aktif, kata Sadiyanto, Pemkab juga telah menambah rumah karantina dari tiga menjadi empat lokasi yang seluruhnya berada di kawasan wisata Baturraden.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Bupati Banyumas: Semua RS Penuh

Yaitu Balai Diklat, Pondom Slamet, Wisma Wijayakusuma dan yang terakhir Hotel Rosenda.

Diberitakan sebelumnya, tempat tidur ruang isolasi pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit di Kabupaten Banyumas telah penuh.

"Di Banyumas tempat tidur sampai dengan sekarang tidak ada, nol. Rumah sakit semuanya penuh," kata Bupati Banyumas Achmad Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (30/11/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com