Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Penanganan Covid-19, UKSW Salatiga Siapkan Tempat Isolasi

Kompas.com - 25/11/2020, 14:34 WIB
Dian Ade Permana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyiapkan Rumah Sakit Ananda sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Hal tersebut untuk mendukung penanganan Covid-19 di Salatiga.

"Setelah Laboratorium Biomolekuler BSL 3 UKSW beroperasi untuk pendeteksian virus Covid-19, kini RS Ananda juga siap sebagai tempat isolasi," kata Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara dalam keterangan tertulis, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Dinkes Salatiga Sebut Penambahan Kasus Covid-19 karena Gencar Tracing Kontak

Dia berharap dengan adanya langkah ini pasien Covid-19 di Salatiga dapat tertangani lebih baik.

“Demi misi kemanusiaan, kampus ini siap memberikan dukungan. Saat ini kami menyiapkan Rumah Sakit Ananda sebagai salah satu tempat yang dilengkapi fasilitas kesehatan di Salatiga untuk tempat isolasi pasien Covid-19,” terang Neil Rupidara.

Pembantu Rektor II UKSW Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Sulandjari menerangkan, saat ini sedang dilakukan komunikasi lebih lanjut untuk persiapan Rumah Sakit Ananda sebagai tempat isolasi dalam pengawasan.

“Pemerintah Kota Salatiga melalui lurah sedang berkoordinasi ke RT dan RW yang ada di sekitar Rumah Sakit Ananda. Pemkot Salatiga membutuhkan tempat isolasi karena naiknya jumlah pasien positif Covid-19 dalam beberapa hari ini dan kami menyediakan Rumah Sakit Ananda," paparnya.

Baca juga: Pasien Covid-19 Melonjak Drastis, Pemkot Salatiga Tambah Ruang Isolasi dan Relawan

Sementara untuk tenaga kesehatan, pengoperasian dilakukan melalui Dinas Kesehatan Kota Salatiga.

Terpisah, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan naiknya jumlah pasien positif karena tracing kontak dilakukan secara aktif.

"Apalagi sekarang ini munculnya dari klaster keluarga sehingga kebanyakan anggota keluarga pada tertular dan kontak erat," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com