Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Covid-19 di Salatiga Kabur dari RS, 2 Hari Sebelum Rencana Pemulangan

Kompas.com - 11/11/2020, 16:45 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

SALATIGA, KOMPAS.com- Seorang pasien Covid-19 melarikan diri dari ruang perawatan di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga, Jawa Tengah.

Pasien laki-laki 68 tahun itu kabur pada Sabtu (7/11/2020). Padahal, oleh dokter pasien tersebut direncanakan untuk pulang pada Senin (9/11/2020).

"Karena secara medis kondisi pasien sudah baik, sudah tidak terpasang infus. Sambil menunggu hasil rontgen ulang dan lab darah rutin yang dikerjakan Sabtu tersebut, tapi Sabtu sore diketahui pasien sudah tidak berada di ruang rawat inap," kata Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSPAW Salatiga Hasto Nugroho saat dihubungi, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Dua Satgas Covid-19 Gadungan Tipu Warga, Ajak Ngobrol lalu Bawa Kabur Emas 50 Gram

Menurut Hasto, pasien itu sudah direncanakan waktu kepulangannya karena dokter sudah mendapatkan hasil pemeriksaan swab-nya yang kedua.

RSPAW Salatiga, lanjutnya, sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Salatiga, Dinas Kesehatan Kota Salatiga, dan Polres Salatiga.

"Termasuk juga berkomunikasi dengan pihak keluarga karena sampai saat ini keberadaan pasien belum diketahui. Kita berharap pengobatan dan perawatan bisa tuntas," ungkapnya.

Hasto berharap agar pasien yang menjalani perawatan penanganan Covid-19 bisa lebih bersabar.

Baca juga: Cerita Psikiater Tangani Pasien Covid-19, dari Pasien Sakit Jiwa Kabur hingga Pakai APD Lengkap

"Kita harus terus mengikuti protokol kesehatan di rumah sakit dan lingkungan. Termasuk kepada masyarakat jangan memberi stigma kepada pasien dan keluarganya, kita semua harus memberi dukungan," kata dia.

 

Penulis: Kontributor Ungaran, Dian Ade Permana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com