Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Covid-19 Melonjak Drastis, Pemkot Salatiga Tambah Ruang Isolasi dan Relawan

Kompas.com - 23/11/2020, 14:47 WIB
Dian Ade Permana,
Khairina

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Salatiga melakukan antisipasi adanya lonjakan pasien yang positif terpapar Covid-19.

Salah satunya dengan merancang penambahan ruang perawatan dan tenaga relawan penanganan Covid-19.

"Minggu-minggu ini memang penambahan pasien positif sangat signifikan. Kita sedang melakukan penghitungan ulang kapasitas ruang penanganan Covid-19 dengan pasien," kata Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Senin (23/11/2020) di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga.

Baca juga: Bupati Sebut Penyebaran Covid-19 di Banyumas Mulai Tak Terkendali

Yuliyanto mengatakan sudah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi dengan rumah sakit.

"Saya minta rumah sakit untuk menyediakan penambahan ruangan, termasuk di rumah sakit pendukung," ungkapnya.

Untuk tenaga kesehatan, Yuliyanto menegaskan tidak ada masalah.

"Kalau yang tenaga, jika tenaga kesehatan masih kurang kita segera mencari relawan. Tentu para relawan tersebut akan dibekali pengetahuan tentang Covid-19 terlebih dulu," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraida mengatakan saat ini jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 ada 513 orang.

"Hari ini ada penambahan 13 pasien positif sehingga yang dirawat ada 129 orang, yang dinyatakan sembuh ada 371 orang, dan yang meninggal 13 orang," jelasnya.

Baca juga: 88 Pasien di Lampung Sembuh dari Covid-19

Terpisah, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSPAW Salatiga Hasto Nugroho mengatakan, untuk penambahan ruang perawatan memerlukan kajian mendalam.

"Saat ini kami merawat empat pasien dari Salatiga. Pasien lain berasal dari Kabupaten Semarang, Grobogan, Magelang, Kudus, dan Kendal," paparnya.

Hasto menginformasikan per hari ini ruang isolasi tekanan negatif di IGD ada dua tempat tidur (TT), ruang isolasi tekanan negatif ICU ada tiga TT terisi dua. Ruang isolasi tanpa tekanan negatif yakni Ruang Kenanga ada 10 TT terisi tujuh, tiga dalam renovasi, Ruang Melati ada 13 TT terisi 12, Ruang Sediyanto ada 9 TT terisi sembilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com